Kapolri Rotasi 569 Jabatan di Polri, Kepala BNPT Dijabat Boy Rafli

Investigasi Bhayangkara.com – Kepala Polri Jenderal Polisi Idham Azis merombak 569 jabatan perwira tinggi dan perwira menengah, Jumat (1/5/2020). 569 jabatan itu terdiri dari 70 pati dan 499 pamen. Ada beberapa pos strategis yang ikut dirotasi dalam perombakan jabatan kali ini. Salah satunya adalah jabatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Kepala BNPT Komjen (Pol) Suhardi Alius dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Polri digantikan Irjen (Pol) Boy Rafli Amar yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Lemdiklat.

Selain jabatan kepala BNPT, Idham juga merotasi dua jabatan bintang tiga lain, yaitu Inspektur Pengawas Umum Polri dan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri. Irwasum Polri Komjen (Pol) Moechgiyarto dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri digantikan Komjen (Pol) Agung Budi Maryoto yang sebelumnya merupakan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri. Posisi Kabaintelkam Polri akan diisi oleh Irjen (Pol) Rycko Amelza Dahniel yang merupakan Kapolda Jawa Tengah.

Idham juga merotasi sejumlah perwira di Divisi Humas Polri. Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Muhammad Iqbal diangkat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat. Jabatan Kadiv Humas Polri nantinya akan diisi oleh Brigjen (Pol) Argo Yuwono yang merupakan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri saat ini. Irwasda Polda Jawa Timur Kombes (Pol) Awi Setiyono pun diangkat menjadi Karo Penmas Polri menggantikan Argo.

Idham juga merombak sembilan jabatan kepala kepolisian daerah (Kapolda). Kapolda Jawa Tengah Irjen (Pol) Rycko Amelza Dhaniel diangkat menjadi Kabaintelkan Polri dan akan digantikan Wakapolda Jawa Tengah Brigjen (Pol) Ahmad Luthfi.

Kapolda Jawa Timur Irjen (Pol) Luki Hermawan diangkat menjadi Waka Lemdiklat Polri dan akan digantikan Irjen (Pol) Mohammad Fadil Imran yang merupakan Staf Ahli Sosbud Polri.

Kapolda Banten Irjen (Pol) Agung Sabar Santoso dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri dan akan digantikan Irjen (Pol) Fiandar yang kini menjabat sebagai Gubernur Akademi Kepolisian.

Kapolda Bengkulu Irjen (Pol) Supratman yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sespim Lemdiklat Polri dan akan digantikan Brigjen (Pol) Teguh Sarwono yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Maluku.

Kapolda Kalimantan Tengah Irjen (Pol) Ilham Salahudin dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri dan akan digantikan oleh Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo yang kini menjabat sebagai Karobinkar SSDM Polri.

Kapolda Kepulauan Riau Irjen (Pol) Andap Budhi Revianto dimutasi sebagai Pati Bareskrim Polri dengan penugasan di Kementerian Hukum dan HAM dan akan digantikan oleh Irjen (Pol) Aris Budiman yang merupakan Ketua STIK Lemdiklat Polri.

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen (Pol) Yazid Fanani diangkat menjadi Ketua STIK Lemdiklat Polri dan akan digantikan oleh Irjen (Pol) Nico Afinta yang merupakan Staf Ahli Sospol Kapolri.

Kapolda Sumatera Selatan Irjen (Pol) Priyo Widyanto diangkat sebagai Staf Ahli Sosbud Kapolri dan akan digantikan oleh Asisten SDM Polri Irjen (Pol) Eko Indra Heri.

Kapolda NTB Irjen (Pol) Tomsi Tohir diangkat sebagai Staf Ahli Sosbud Kapolri dan digantikan oleh Irjen (Pol) Muhammad Iqbal yang merupakan Kadiv Humas Polri.

Dalam rotasi ini, Idham juga menugaskan sejumlah perwira tinggi untuk bertugas di beberapa instansi di luar kepolisian. Salah satunya ialah Kapolda Kepulauan Riau Irjen (Pol) Andap Budhi Revianto yang akan menjabat sebagai Inspektur Jenderal di Kementerian Hukum dan HAM. Berdasarkan informasi yang diperoleh, Andap akan dilantik sebagai pejabat Kemenkumham pada Senin (4/5/2020) mendatang.

Selain Andap, nama-nama pati dan pamen yang ditugaskan di luar kepolisian adalah Irjen (Pol) Opik Taufik Nugraha (penugasan pada Kementerian Perdagangan), Brigjen (Pol) Hilman (Badan Intelijen Negara), Irjen (Pol) Suharyono (Otoritas Jasa Keuangan). Kemudian, Brigjen (Pol) Unggul Sedyantoro (Kemenko Polhukam), Brigjen (Pol) Edison Sitorus (Kemenkumham), Brigjen (Pol) Puja Laksana (Kemenko Polhukam), Brigjen (Pol) Purwolelono (Kompolnas RI).

Lalu, Brigjen (Pol) Yustan Alpiani (Kementerian Agraria dan Tata Ruang), Brigjen (Pol) Wagiman (Sekretariat Kabinet), Kombes (Pol) Daniel Yulianto (Badan Narkotika Nasional), Kombes (Pol) Jafriedi (BNN), dan Kombes (Pol) Uden Kusuma Wijaya (Kementerian Pemuda dan Olahraga). Rotasi para perwira tersebut tertuang dalam lima surat telegram bernomor ST/1377/KEP./2020, ST/1378/KEP./2020, ST/1379/KEP./2020, ST/1380/KEP./2020, dan ST/1383/KEP./2020 yang ditandatangani Wakil Kapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Sesuai data yang dihimpun, rotasi besar-besaran di tubuh Polri terakhir kali dilakukan pada Oktober 2019 di era Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Rotasi itu dilakukan Tito melalui surat telegram tertanggal 21 Oktober 2019, dua hari sebelum Tito dilantik sebagai Menteri Dalam Negeri. Saat itu terdapat 447 personel yang dimutasi dan tercantum dalam delapan surat telegram (Vecky Ngelo)

Komentar