Kapolsek Kresek Terima Kunker Forkopimcam Bahas Rencana Pembentukan Posko PPKM di Pasar Tradisional

DKI Jakarta1105 Dilihat

Investigasi bhayangkara Indonesia com Kapolsek Kresek AKP Osman Sigalingging SH perintahkan seluruh anggota jajarannya untuk segera membentuk posko PPKM di pasar – pasar rakyat diwilayah hukumnya. Hal itu bertujuan guna memastikan perekonomian masyarakat tetap berjalan sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes).

Dalam perpanjangan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021 nanti, Pemerintah telah melakukan pelonggaran terhadap pusat perekonomian masyarakat. Diantaranya adalah, pasar rakyat diperbolehkan beroperasi namun dengan Protokol Kesehatan yang ketat.

Hal itu disampaikan Kapolsek Kresek AKP Osman Sigalingging SH, ketika menerima kunjungan Forkopimcam Kresek, Danramil 07 Kresek Kapten.Inf.M.Ridwan Idrus, Camat Kresek H.M.Epi Supriyatna S.Sos. MM dan Pjs. Desa Kresek Akmad Patik SHI di ruang kerja Mapolsek Kresek, Rabu (28/07/2021).

“Kami seluruh jajaran Forkopimcam Kresek segera membentuk Posko PPKM di pasar untuk antisipasi pelonggaran ekonomi kerakyatan,” kata Osman Sigalingging.

Menurut Kapolsek itu untuk menekankan, Posko PPKM di pasar Tradisional Kresek tersebut nantinya akan bertugas untuk memastikan pedagang maupun pengunjung telah menerapkan Standar protokol kesehatan yang sesuai dengan penanganan Pandemi Covid-19,” ujarnya.

Posko itu nantinya, kata Osman harus menerapkan ” One Gate System ” untuk membatasi kapasitas pengunjung. Lalu, melakukan pemeriksaan suhu tubuh para pedagang dan pembeli.

“Jami rencananya akan menyiapkan lokasi cuci tangan, membagikan masker, pengaturan jaga jarak antar-pedagang dan pembeli serta melakukan Random Check Swab Antigen,” ujar Osman Sigalingging.

Tak hanya itu, Camat Kresek H M.Epi Supriyatna S.Sos.MM juga menyatakan bahwa, nantinya dalam posko PPKM di pasar Tradisional tersebut, akan disiapkan pula vaksinasi mobile dalam rangka percepatan pembentukan Herd Immunity atau kekebalan kelompok terhadap Virus Corona,” terang Epi Supriyatna.

Bahkan Posko PPKM di pasar – pasar tradisional di Kecamatan Kresek itu nantinya juga akan disiapkan bantuan sosial (Bansos) PPKM Level 4 dari Pemerintah kepada masyatakat yang paling terdampak perekonomiannya,” tegasnya.

Sementara itu Danramil 07 Kresek Kapten Inf.M.Ridwan Idrus menjelaskan, Penerapan Posko PPKM di pasar – pasar Tradisional, “Saya telah meminta kepada anggota jajarannya untuk selalu bersinergi dan berkomunikasi dengan seluruh pihak terkait dalam pelaksanaannya,” jelasnya.

“Pemberdayaan, Koordinator pengawas disiplin Prokes dengan melibatkan petugas keamanan atau paguyuban pelaku usaha disekitar,” ucap M.Ridwan Idrus.

Perlu diketahui, pembentukan posko PPKM di pasar – pasar ini akan segera mulai aktif. Dan hingga saat ini tercatat, sudah ada 9.213 posko di seluruh Indonesia. Jumlah itu berasal dari unsur TNI, Polri dan relawan,” jelas Danramil 07 mengakhiri.(Ard)