Kasat Binmas Hadiri Launching Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional

KAL-BAR215 Dilihat

Sanggau, Polda Kalbar – Bertempat di Pasar Seroja Sanggau Jl. Gajah Mada Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan Kegiatan Launching Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak Nasional Dalam Rangka Stabilitas Pasokan dan Harga Pasar yang diawali dengan pembukaan secara serentak di seluruh Indonesia oleh Badan Pangan Nasional RI yang diikuti secara virtual oleh Kab/Kota seluruh Indonesia.

Untuk Kabupaten Sanggau dibuka secara langsung oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si serta dihadiri Kasat Binmas Polres Sanggau AKP Sukiswandi didampingi oleh Kanit 2 Ekonomi Sat Reskrim Polres Sanggau Ipda Dedi Siamtoro, Kadis DKPTPHP Kabupaten Sanggau KUBIN, SP. M.Si, Kepala Bulog Sanggau Hendra Dionisius, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Stakeholder terkait, distributor dan masyarakat yang menghadiri kegiatan Gerakan Pangan Murah.

Bupati Sanggau dalam sambutannya mengucapkan Puji dan Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa kerana atas limpahan rakhmat-Nya kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat untuk mengikuti Gerakan Pangan Murah Kabupaten Sanggau Tahun 2023.

Sebagaimana diketahui keterjangkauan pangan merupakan kemampuan masyarakat dalam mengakses pangan baik dari sisi akses terhadap Ekonomi maupun akses fisik.

“Dalam rangka menangani inflasi dan menjelang Hari Raya Idul Adha, pada hari ini Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional berkerjasama dengan Pemerintah Daerah melakukan kegiatan Gerakan Pangan Murah serentak di 38 Provinsi dan 256 Kabupaten/Kota termasuk salah satunya di Kabupaten Sanggau,” ucapnya.

Paolus Hadi mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini selain menjaga stabilitas pasokan dan harga serta pengendalian inflasi pangan, juga merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mempermudah masyarakat memperoleh bahan pangan dengan harga yang terjangkau.

“Dalam mensukseskan kegiatan ini Pemerintah Kabupaten Sanggau bekerja sama dengan pemangku kepentingan Stakeholder Terkait yaitu BUMN pangan serta distributor pangan swasta di Kabupaten Sanggau. Pemerintah Kabupaten Sanggau memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan kegiatan ini,” katanya.

“Dengan adanya kegiatan ini saya berharap stabilitas pasokan dan harga serta pengendalian inflasi pangan Kabupaten Sanggau dapat terjaga dengan baaik dan yang paing penting bahan pangan yang dibutuhkan masyarakat selalu tersedia dengan harga terjangkau,” tukas Bupati Sanggau.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan paket sembako kepada 10 masyarakat yang kurang mampu.

Sementara bahan kebutuhan pokok yang dipasarkan pada Gerakan Pangan Murah di Kabupaten Sanggau diantaranya Daging Sapi 1 Kg Rp. 107.000,-/pack, Daging Kambing 1 Kg Rp. 115.000,-/pack, Bakso Sapi Rp. 55.000,-/Kg, Beras Ramos Rp.71.000,-, Sania Beras Premium Rp.72.000,-, Minyak Goreng Camar Rp.34.900,-, Paket 1 : Sania Beras 5Kg + Sania MG 2L Harga Normal Rp.112.000,-, Harga Bazar Rp.105.000,- dan Paket 2 : Bango Kecap 735 ML + Bimoli MG 2L Harga Normal Rp.77.600,-, Harga Bazar Rp.63.800,-.

Usai kegiatan, AKP Sukiswandi mengatakan bahwa dilaksanakannya Kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Kabupaten Sanggau dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan serta merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mempermudah masyarakat memperoleh bahan pangan dengan harga yang terjangkau menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H Tahun 2023.

“Kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau didukung oleh BUMN pangan serta distributor pangan swasta yang ada di Kabupaten Sanggau antara lain BULOG, Alfamart, Indomaret, Borneofood Indotama dan GOSINDO,” tukasnya.