KASUS PENYERANGAN DAN PENEMBAKAN YANG DILAKUKAN KKB DI KABUPATEN INTAN JAYA TERHADAP DUA ORANG TENAGA MEDIS

Berita Hari Ini2049 Dilihat

Investigasibbayangkara.com, Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 22 Mei 2020 Pukul 09.00 Wit, bertempat di Distrik Wandai Kabupaten Intan Jaya, telah terjadi Kasus penembakan dua orang tenaga medis tim gugus tugas Covid-19 yang dilakukan oleh Kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Kronologis kejadian:
Pada hari Jumat tanggal 22 Mei 2020 Pukul 09.00 Wit, korban an. Heniko Somou mengetahui bahwa adanya KBB dari distrik ndeotadi (99) yang masuk di wilayah distrik Wandai

Kemudian pada saat korban Heniko Somau mengantar obat-obatan Covid-19 , korban menyampaikan kepada warga Distrik Wandai agar segera menjauh dari KKB dan segera meninggalkan kegiatan jual beli di area pasar untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

Mendengar hal itu, KKB langsung melakukan pengejaran terhadap korban Heniko Somau di areal pasar Kampung Mbugulo Distrik Wandai. Saat korban mengetahui dirinya di kejar oleh KKB, korban langsung berlari menuju ke rumah korban an. Alemanek Bagau.

Setibanya di rumah korban an. Alemanek Bagau, KKB langsung melepaskan beberapa tembakan kearah korban an. Heniko Somau hingga korban terjatuh. Korban an. Alemanek Bagau yang hendak melakukan pertolongan juga mendapatkan penganiayaan dan di tembak oleh KKB.

Setelah melakukan aksinya dan melihat kedua korban sudah tidak berdaya, kelompok tersebut langsung meninggalkan lokasi kejadian menuju ke Kampung Jae Distrik Wandai.

Selang beberapa jam kemudian masyarakat Kampung Mbugulo mengevakuasi kedua korban menuju ke Distrik Homeyo melalui jalur trans papua.

Pukul 16.30 Wit personil Polres Intan Jaya mendapat Informasi dari salah satu tenaga medis yang bertugas di Dinas Kesehatan Kabupaten Intan Jaya bahwa telah terjadi penembakan terhadap Dua Orang tenaga medis masing masing an. Alemanek Bagau dan Heniko somau.

Dari informasi yang diterima bahwa 1 orang an. Heniko Somau dinyatakan telah meninggal dunia. Kemudian yang satu korban lagi an. Alemanek Bagau masih di rawat Pastoral Wandai dalam kondisinya kritis.

Pasca kejadian, pada hari Sabtu tanggal 23 Mei 2020, Kapolres Intan Jaya AKBP Yuli Karre Pongbala bersama dengan anggotanya Polres dan personil TNI menuju ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban ke Kabupaten Nabire dengan menggunakan pesawat SMART AIR.

Pada pukul 10.20 Wit, korban kritis an. Alemanek Bagau tiba di Kabupaten Nabire dengan menggunakan pesawat SMART AIR dari Bandar Udara Sugapa Kabupaten Intan Jaya.

Pukul 10.30 Wit, korban dievakuasi ke RSUD Nabire dengan menggunakan Ambulance Satgas Covid-19, guna mendapatkan pertolongan medis.

Lokasi kejadian yang sangat jauh serta medan yang sulit merupakan salah satu hambatan yang dihadapi anggota dilapangan untuk menuju ke lokasi tersebut dengan membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam untuk dapat tiba di lokasi, namun itu bisa di lalui sehingga korban dapat di evakuasi.

Distrik Wandai belum ada Pos Polisi serta belum adanya jaringan Telekomunikasi. Dari 8 Distrik yang ada di Kabupaten Intan Jaya baru 3 Distrik yang ditempati oleh pasukan TNI/Polri. Sedangkan 5 Distrik yakni DistrikTomasiga, Agisiga, Ugimba, Wandai dan Iyandoga belum ada pos TNI/Polri.

Identitas korban:
1. Heniko Somou alias Koni, pegawai kesehatan kab. Intan Jaya (tim gugus covid-19), luka tembak pada bagian kaki kiri dan kanan, meninggal dunia (MD);
2. Alemanek Bagau, pegawai kesehatan kab. Intan Jaya (tim gugus covid-19), luka tembak pada bagian kaki dan tangan, Kondisi Kritis.

Tindakan kepolisian:
Menerima Laporan, Mendatangi TKP, melakukan Koordinasi dengan Bupati dan Dandim Intan Jaya, mengevakuasi Korban ke Nabire, melakukan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata, melakukan penyelidikan dan penyidikan. Kasus tersebut dalam penanganan Polres Intan Jaya.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH menyayangkan kejadian tersebut, kedua korban ini merupakan tenaga medis yang mempunyai tugas mulia untuk membantu masyarakat dalam bidang kesehatan, apalagi sekarang ini pemerintah sedang menghadapi pandemi Covid-19, sehingga perlu penanganan yang cepat dan tepat. Tetapi semua itu terhambat oleh kejadian penembakan yang dilakukan oleh KKB.

Saat ini korban an. Alemanek Bagau telah mendapatkan perawatan medis di RSUD Nabire dan korban yang meninggal dunia sementara masih menunggu kesepakatan pihak keluarga untuk dimakamkan di Sugapa Kabupaten Intan Jaya.

Jayapura, 23 Mei 2020

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua,

Komentar