Kearifan Lokal Suku Banggai Di Tampilkan Saat Kapolres Bangkep Kunker Ke Polsek Bulagi

Sulawesi Tengah98 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia.com. Kunjungan Kerja Bapak Kapolres Banggai Kepulauan AKBP BAMBANG HERKAMTO, S.H. bersama Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Banggai Kepulauan Ny. DIAN BAMBANG HERKAMTO Di Polsek Bulagi pada hari Jum’at tanggal 25 November 2022, pukul 15.00 s/d 17.00 WITA berlangsung sangat meriah dengan mengangkat dan menampilkan tema yang sarat dan kental akan makna dan nilai-nilai kearifan lokal budaya, adat istiadat Suku Banggai.

Kapolres Banggai Kepulauan AKBP BAMBANG HERKAMTO, S.H melalui Kapolsek Bulagi IPDA MUH, RUHIL NEWTON SUGIARTO, S.H., saat dikonfirmasi oleh media ini menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan Kunker Kapolres Banggai Kepulauan AKBP BAMBANG HERKAMTO, S.H dan Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Banggai Kepulauan Ny. DIAN BAMBANG HERKAMTO bersama PJU Polres Bangkep dan rombongan ke Polsek Bulagi di kemas sedemikian rupa, sehingga suasana menjadi lebih santai tidak terlalu formal dan kaku yang membuat semua pihak ikut larut dan lebur menjadi satu dalam kebersamaan dan persaudaraan “Montolutusan”, ucap Perwira Pertama dengan balok satu di pundaknya tersebut.

Dalam Kunker tersebut semua yang hadir ikut larut dan menari bersama masyarakat dalam tarian tradisional suku Banggai seperti Tarian Balatindak, Tarian Onsulen, Salendeng serta pertunjukan Tarian Kontau dan Seni Baode, bahkan Bapak Kapolres Bangkep bersama Kapolsek Bulagi ikut bersama-sama menarikan tarian tradisional yang legendaris dan mempunyai nilai historis yang sangat berpengaruh khususnya para kesatria ataupun panglima perang Kerajaan Banggai tempo dulu, sedangkan para Ibu Bhayangkari ikut bersama menarikan Tarian Salendeng dengan penuh suka cita. Selain itu dalam Kegiatan Kunker juga dilaksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Bak Penampung Air Polsek Bulagi dan pemberian tali asih kepada purnawirawan, tokoh agama dan tokoh adat, ujar Kapolsek yang merupakan Lokal Boy tersebut.

Dalam Kunker tersebut Kapolres Bangkep bersama Ibu memberikan arahan dan penguatan kepada Personil Polsek Bulagi bersama Bhayangkari dimana setiap anggota harus tetap menjalankan tupoksi dengan baik, profesional dan proporsional dengan mengedepankan sikap yang humanis, dapat menjaga nama baik institusi, satuan, keluarga dan pribadi, membina masyarakat dan pihak lainya untuk ikut bersama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif, perlunya Management Media dan Komunikasi Sosial yang baik dan transparan, bersinergi dan bekerjasama serta tetap menjalin hubungan tali silaturahmi dengan Anggota TNI dan masyarakat guna mendukung program-program pemerintah guna kemajuan daerah dan negara serta untuk kesejahteraan masyarakat, tutup Kapolsek.

( FL / Hms )