Kegiatan TMMD ke-108 Kodim 0402/OKI Sangat Berkesan dan Hasil yang Sangat Berarti Bagi ke Dua Desa

Sumatera Selatan343 Dilihat

Investigasibhayangkara.com Sumsel-Ogan Ilir Tak bisa dipungkiri, tuntasnya  semua  target program fisik utama kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)  ke-108 Kodim 0402/OKI yang dilaksankan di dua desa diantaranya Desa Sarang Lang dan Pulau Negara Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan (Sumsel) yaitu berupa pelebaran dan peningkatan jalan begitu dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Sebab secara kasat mata keberadaan jalan ini dapat lebih mempermudah dan membuat aktivitas masyarakat setempat lebih efisien dalam melakukan mobilitas.

Pengakuan tulus tersebut diungkapkan oleh Kades Pulau Negara Yancik dan Kades Sarang Lang, Taufik Sopa. Menurut keduanya rampungnya renovasi jalan dengan panjang 1,8 kilometer dan lebar delapan meter ini membuat masyarakat lebih mudah dalam beraktivitas. Apalagi, dari segi waktu penggunaan jalan ini bisa menghemat waktu hingga lebih dari 20 menit.

“Alhamdulillah ini selesai dibangun, dengan jalan ini waktu yang terpangkas sangat banyak. Kalau jalan biasa bisa 30 menit dari Desa Pulau Negara ke Sarang Lang, tapi dengan jalan ini cuma butuh waktu sekitar lima menit,” ungkap  Yancik  usai penutupan kegiatan TMMD ke-108 di Komplek Perkatoran Terpadu Tanjung Senai Indralaya  Ogan Ilir,  Rabu (29/07/2020).

Perasaan lega juga dituturkan Komandan Kodim 0402/OKI-OI, Letkol Czi  Zamroni S.Sos. Perwira menengah ini mengemukakan “selama pelaksanaan kegiatan TMMD ke-108 Kodim 0402/OKI ini pihaknya bersyukur tidak dihadapkan dengan masalah yang begitu pelik dan rumit.  Memang  TMMD ini kondisinya sangat berbeda karena dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19. Meski demikian, dia bersyukur semua yang diprogramkan selesai tepat waktu. Bahkan, beberapa program fisik termasuk target utama pelebaran dan renovasi jalan dapat diselesaikan beberapa hari sebelum penutupan TMMD yang dilakukan hari ini.

Seraya pamit dari lokasi di dua desa tersebut, dirinya mengharapkan, program fisik yang telah dikerjakan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat setempat. Hal yang sangat menyenangkan  fasilitas jalan yang direhap tersebut  dapat mempermudah masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian mereka.

“Mayoritas masyarakat di sana sebagai petani. Sasaran utama pelebaran jalan yang diharapkan meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat karena bisa dimanfaatkan, mempermudah mobilitas angkut hasil pertanian masyarakat setempat dengan bisa lebih memangkas waktu tempuh,”  ujarnya.

Selain itu, dia mengharapkan juga agar jalinan kebersamaan antara aparat TNI dan masyarakat dapat terus terjalin sehingga dapat menumbuhkan rasa sosial, kesetiakawanan serta bahu membahu dalam membangun negeri.

Danrem 044/Gapo, Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji S.IP, S.Sos  yang hadir pada acara penutupan tersebut mengemukakan,  kesuksesan pelaksanaan kegiatan TMMD ke-108 Kodim 0402/OKI ini tak terlepas dari partisipasi dan kerjasama berbagai pihak mulai dari Pemkab Ogan Ilir hingga semua lapisan masyarakat.

“Dengan berakhirnya kegiatan ini, saya berpesan agar pelihara terus kebersamaan antara TNI dan rakyat. Jangan mudah terprovokasi. Tingkatkan semangat untuk kerja dan membangun kebersamaan. Selanjutnya pelihara hasil TMMD ini agar manfaatnya bisa dirasakan secara luas. Teruslah membangun dan jadikan diri sebagai agen pembangunan yang menyebar energi positif,” jelasnya.

Pada penutupan ini, pihak Kodim 0402/OKI-OI juga menyerahkan hasil TMMD ke-108 ini kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir yang diterima oleh Sekda OI Herman SH, MM mewakili Bupati Ogan Ilir. (Amru IBI/Sayid IBI).

Komentar