oleh

kekerasan terhadap satu org anggata pospol 99 dan perampasan 3 pucuk senpi inventaris pospol 99 (Tambang Emas) Paniai

Investigasi Bhayangkara Indonesia

Pada hari jumat tgl 15 mei 2020 sekitar pukul 22.00 -23.00 Wit telah terjadi tindakan kekerasan terhadap anggota pospol 99 Ndeotadi Distrik Bogobaida Kab. Paniai dan perampasan 4 pucuk senpi laras panjang infentaris pospol tsb.

Adapun nama Korban : Briptu Kristian Paliling anggt Polres Paniai BKO Pospol Ndeotadi. Sementara kondisi korban kritis dan dirawat di rumah salah satu warga masyarakat sekitar kejadian , awalnya Pada 15 Mei 2020, sekitar pukul 22.00 – 23.00 Wit, 3 org anggt pospol an.
1) Briptu Irvan
2) Bripda Ganda
3) Bripda Aldi
melakukan giat rapat bersama masyarakat dan para pengusaha tambang, kios dll di salah satu rumah warga, rapat tsb bertujuan utk membahas terkait serpas anggt pospol 99.
Pada saat itu anggota yang menjaga Pospol an. Briptu Kristian Palilingan (Korban) di datangi sejumlah masyarakat ke Pos Pol 99 dan melakukan kekerasan terhadap korban yg saat itu sendirian di Pospol dan sejumlah masyarakat tsb merampas 4 pucuk senpi infentaris Pospol 99
Kerugian Personil, 1 orang anggotaa atas nama Briptu Kristian Palilingan yang mengalami luka bacok di bagian tangan dan kepala. Kerugian material 4 pucuk senpi yg di rampas yaitu:
1) AK 47 1 pucuk
2) AK China 1 pucuk
3) SS-1 V1 2 pucuk
Situasi saat ini masih mencekam hanya terdengar suara-suara teriakan dari masyarakat dan masih takut untuk keluar dari rumah.
Saat ini Kondisi dari ke tiga angota pospol masih melakukan pengamanan diri di rumah penduduk namun situasi sudah terkendali aparat keamanan tetap berjaga jaga
Diduga masyarakat yang menyerang Pospol dari Suku Dani dan menurut informasi bahwa salah satu dari masyarakat tsb adalah yang bernama Toni Tabuni (anak dari alm. Tomi Tabuni (Mantan KKSB Jaya Wijaya.
perlu di ketahui bahwa Kondisi wilayah Pospol tsb tdk ada jaringan seluler hanya jaringan telepon satelit dan jaringan Wfi dari para pengusaha di wil tsb utk sementara masyarakat dan pengusaha belum bisa berkumonikasi dan masih berdiam diri di rumah karena takut.
Sementara Ada Pospol lain (Pospol Bayu Biru) di sekitaran daerah tsb namun jaraknya sangat jauh harus berjalan kaki sekitar kurang lebih enam jam
Jarak antara Pospol 99 dan Polres Paniai harus di tempuh dengan menggunakan Heli Copter
Informasi bahwa jumlah anggota BKO Pospol tsb berjumlah 8 orang namun 4 orang lainya termasuk Danpos sudah bergeser ke Polres Paniai dalam rangka serpas atau pergantian anggt BKO yg dimana giat serpas tsb masih menunggu anggota baru yg akan menggantikan anggt BKO lama // Agus Kirihio IBI Nabire

Komentar

News Feed