oleh

Kembali Densus 88 Tangkap Ringkus Tersangka Teroris di Bali Penyebar Konten Radikal

Investigasi Bhayangkara.com- Tim Detasemen Khusus ( Densus) 88 Antiteror Polri menangkap seorang tersangka teroris berinisial RB (27) di Denpasar, Bali, pada 23 Juli 2020., Kebayoran

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono di Bareskrim, di Jalan Tronojoyo No. 3 Kebayoran lamaJakarta Selatan, Selasa (18/8) 2020 mengatakan  RB merupakan anggota kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD).  “Sehari-harinya berprofesi sebagai wiraswasta, aktif membagikan konten bermuatan radikalisme,” ujarnya.

Selanjutnya, Awi menegaskan pada tahun 2017 sampai sekarang, aktif membagikan konten-konten radikal seperti, membagikan video tentang ISIS, Aman Abdurrahman.  “Tutorial pembuatan bom, dan lain-lain, melalui media sosial, Telegram dan Facebook,” tegasnya.

Untuk itu, Awi menjelaskan  RB juga kedapatan memiliki senjata tajam jenis katana pada 2019. ” RB sudah memiliki niat untuk melakukan serangan teror,” jelasnya.

Seiring dengan itu Awi menandaskan dan namun, ia tak merinci lebih lanjut. “Kelima, sudah memiliki niatan untuk melakukan tindak pidana terorisme,”  tandasnya.

RB pun dijerat dengan Pasal 15 jo Pasal 7 dan Pasal 13 huruf C UU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme (UU Antiterorisme) dengan ancaman pidana penjara paling lama seumur hidup. Secara keseluruhan, selama 1 Juni hingga 12 Agustus 2020, Densus 88 telah menangkap sebanyak 72 tersangka teroris.

Lebih lanjut,  Awi  sekaligus meralat pernyataan sebelumnya. Ia mengatakan, 72 terduga teroris tersebut ditangkap di 13 wilayah dan bukan di delapan wilayah seperti yang disebutkan sebelumnya. “Setelah di-crosscheck dengan data yang dimiliki Densus 88, yang betul adalah 13 wilayah,” tuturnya.

Rinciannya di Sumatera Barat, Bali, Sulawesi Tengah, Jawa Timur, Jawa Tengah, Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, NTB, Kalimantan Barat, Maluku dan Gorontalo.(Vecky Ngelo)

Komentar

News Feed