oleh

Kembali Terdampar 295 Pengungsi Rohingya DIPESISIR PANTAI KOTA LHOKSEUMAWE

Investigasi Bhayangkara Indonesia, com. 295 Pengungsi Rohingya terdampar di Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe, Aceh, Senin dinihari (7/9/2020). ist

295 Pengungsi Rohingya Terdampar di Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE
Investigasi Bhayangkara Indonesia com Sekitar 295 orang pengungsi Rohingya terdampar di pantai Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Senin dinihari (7/9). Kapal jenis GT TRN U 11/00 yang mengangkut mereka. Seorang terpaksa dilarikan ke rumah sakit.

Danramil 16/Bds Kapten Inf Rony Mahendra didampingi Kapolsek Iptu Irwansyah di TKP membenarkan terdamparnya ratusan pengungsi Rohingya di Pantai Wisata Ujong Blang, Lhokseumawe. “Pihak Nya Menerima informasi sekira pukul 00.45 WIB ,” kata Kapten Inf Rony Mahendra.

Hanya saja, hingga saat ini belum diketahui pasti tujuan ratusan pengungsi Rohingya.

Informasi diperoleh, awalnya terlihat oleh nelayan Lhokseumawe saat berada 1 mil dari bibir pantai Lhokseumawe. Selanjutnya nelayan berupaya mengejar kapal tersebut karena terlihat asing. Akan tetapi kapal tersebut terus berlayar dengan kecepatan tinggi menuju bibir Pantai Lhokseumawe.

Sekira pukul 00.30 WIB tiba di pantai. Setelah mendarat, mereka langsung meninggalkan kapal berpisah diri ke bibir pantau Ujong Blang, mereka Panik, takut sehingga terkesan berpisah menjadi 3 kelompok, sempat ada pula yang lari ke perkampungan masyarakat, yang akhirnya diamankan.

Melihat gelagat itu, TNI Polri bersama masyarakat setempat langsung berupaya mengamankan dan mengumpulkan para warga Imigran Rohingya serta melakukan koordinasi diantaranya UNCHR, BPBD, PMI dan Segera melaporkan kepada Pimpinan Komando Distrik Militer 0103 AUT, dan Pimpinan Kepolisian Resort Lhokseumawe Polda Aceh.

Hingga informasi ini diturunkan, jumlah terdata 295 orang terdiri dari 181 perempuan, 100 peia, anak laki laki dan perempuan 14 orang. Diperkirakan jumlah ini masih bertambah karena awalnya mereka sempat lari ke perkampungan nelayan.

IPTU IRWANSYAH sebagai kapolsek Banda Sakti Polres Lhokseumawe menghimbau warga untuk tetap waspada dan menerapkan instrumen Protokol Cegah COVID 19.
Berkat kerja sama warga ujung Blang, pihak cepat mengatasi Pengamanan, WNA RONGHIYA yang Nyaris berpisah dari kawanan kelompoknya.

Report Chandra

Komentar

News Feed