Kerja Bakti Lintas Agama Bersihkan Rumah Ibadah di Kebumen

JA-TENG337 Dilihat

Investigasi Bhayangkara.com

Polres Kebumen – Kerukunan antar umat beragama adalah salah satu bentuk sosialisasi damai yang tercipta berkat adanya toleransi agama. Toleransi agama merupakan salah satu sikap saling pengertian dan menghargai, tanpa adanya diskriminasi dalam hal apapun, khususnya dalam masalah agama.

Untuk itu, kerukunan umat beragama sangat penting dilakukan juga dalam rangka upaya menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

Seperti yang dilakukan oleh Polsek Kebumen bersama dengan TNI, Kemenag Kebumen, FKUB, masyarakat Kelurahan Kebumen, hingga masyarakat penjaga rumah ibadah, melakukan bersih-bersih rumah ibadah di Kelurahan Kebumen.

Pada kesempatan itu, rumah ibadah seperti Kelenteng, Vihara, hingga Gereja dibersihkan secara bergantian dalam kegiatan yang bertajuk “Kerja Bakti dan Gotong Royong Lintas Agama, Kelurahan Kebumen”, Sabtu 8 Juli 2023.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto mengungkapkan, kegiatan lintas agama perlu dilakukan seseorang mungkin untuk memupuk rasa persaudaraan.

“Kegiatan lintas agama seperti yang dilakukan oleh Polsek Kebumen juga termasuk upaya menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Semua merasa saling peduli, dan saling mendukung,” jelas AKP Heru.

Menggunakan alat kebersihan, kerja bakti dimulai dengan membersihkan Kelenteng Kong Hwie Kiong yang beralamat di Jalan Pramuka, kira-kira 30 meter masuk ke dalam dari pengkolan jalan. Kerja bakti dimulai dari membersihkan halaman kelenteng lalu seputaran kelenteng.

Setelah kelenteng bersih, peserta bergerak ke Gereja GKI Kebumen yang letaknya tidak jauh dari Kelenteng Kong Hwie Kiong. Para peserta juga melakukan kerja bakti membersihkan seputaran gereja lalu terakhir membersihkan Vihara Maha Dhana yang letaknya berhadapan dengan Gereja GKI.

Lanjut AKP Heru, kerja bakti yang dilakukan selain membuat lingkungan rumah ibadah bersih, juga membuat nyaman para jemaat. Adanya kegiatan kerukunan antar umat beragama juga membuat para jemaat semakin tenang dalam beribadah, dengan keyakinan masing-masing.

( Kaswi / Red )