oleh

Ketua MPR RI Ledakan kasus Covid-19 melanda sejumlah negara harus menjadi pelajaran

Investigasi Bhayangkara Indonesia com
, Jakarta – Sehubungan dengan terjadinya ledakan kasus Covid-19 yang sedang melanda sejumlah negara, salah satunya di India, yang harus menjadi pelajaran bagi semua pihak termasuk masyarakat Indonesia, respon Ketua MPR:

Meminta pemerintah bersama Satgas Penanganan Covid-19 menjadikannya studi kasus dan meningkatkan kewaspadaan dengan menyusun strategi untuk mengantisipasi jika terjadi gelombang lonjakan kasus baru yang mungkin terjadi, salah satunya dengan memperketat kebijakan terkait penerapan protokol kesehatan (prokes) di area publik khususnya pada momen Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri. Mengingat, terjadinya gelombang lonjakan kasus baru di India disebut-sebut karena prokes tidak dipatuhi dan adanya kerumunan pada acara keagamaan.

Meminta pemerintah untuk fokus menerapkan kebijakan berlapis dengan membatasi mobilitas internasional sesuai dengan Surat Edaran (SE) Satgas Nomor 8 Tahun 2021 dan juga pembatasan mobilitas dalam negeri sesuai dengan SE Satgas Nomor 12 tahun 2021, sebagai upaya pemerintah dalam pengendalian kasus Covid-19 di tanah air.

Meminta pemerintah untuk terus berupaya keras dalam memutus dan menekan angka penyebaran virus Covid-19 di Indonesia, salah satunya melalui kebijakan PPKM mikro dan pengetatan prokes 3M dengan melibatkan banyak pihak, termasuk TNI-Polri, pemerintah daerah, satgas level daerah, tokoh agama hingga tokoh masyarakat di tingkat pusat dan daerah. Mengingat, kunci utama pemutusan rantai penularan adalah patuh terhadap kebijakan serta tidak abai menjalankan prokes 3M.

Meminta pemerintah bekerja sama dengan aparat kepolisian untuk terus berupaya menekan lalu lintas pergerakan orang, meningkatkan patroli di berbagai tempat termasuk di tempat perbelanjaan yang menjadi pusat kerumunan jelang Lebaran, serta menindak tegas pelanggar PPKM maupun prokes. Mengingat, kemungkinan pemicu ledakan kasus penularan saat ini adalah kegiatan seputar momen Ramadan dan Lebaran.

Meminta pemerintah untuk terus menyerukan imbauan kepada masyarakat agar selalu disiplin melakukan physical distancing selama masa pandemi serta tetap menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan dengan sabun serta mematuhi kebijakan pemerintah maupun protokol kesehatan, agar dapat memutus rantai penyebaran Covid-19. ( Red/ Tomi)

Komentar

News Feed