oleh

Ketua PWO Jateng Himbau Anggotanya Netral di Pilkada 2020.

Semarang- investigasi Bhayangkara Indonesia, com. Ketua Perkumpulan Wartawan Online ( PWO) Jawa Tengah, Rahmat Da’wah menghimbau semua anggotanya yang tersebar diseluruh Kabupaten/ Kota se Jawa Tengah untuk bersikap Netral dalam Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) Tahun 2020,” Untuk menjaga Profesionalisme Wartawan sesuai Kode Etik Jurnalistik, maka dihimbau kepada semua Anggota PWO Jateng agar bersikap netral dan atau tidak memihak salah satu Paslon Kepala Daerah dalam Pilkada Tahun 2020 ini,” ujarnya. ( Jum’at, 2/10).

Bahkan Rahmat juga menjelaskan, jika Wartawan dalam melaksanakan tugasnya harus Independen, Obyektif dan Berimbang dalam pemberitaannya, “Kami menemukan ada Wartawan yang diduga dicatut namanya untuk memihak salah satu Paslon, itu khan tidak baik. Karena jika wartawan sudah memihak, nantinya bisa mereduksi Profesi kewartawananny. Termasuk produk pemberitaannya menjadi kurang obyektif,” imbuhnya.

Namun Rahmat juga memahami tugas-tugas Wartawan dilapangan harus berkomuni kasi dengan berbagai Nara Sumber, termasuk Para Calon Kepala Daerah.

Tapi semuanya ada kode etiknya,” Boleh saja Wartawan dekat dengan siapapun, tapi kode etiknya Khan tidak larut didalamnya.

Apalagi ada Wartawan yang jadi Tim Sukses, istilahnya kita harus menjadi Wartawan satu inci, dekat tapi tidak larut dengan Nara sumber. Dan sebenarnya itu amanat Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 agar Wartawan tetap bersahabat tapi juga bermartabat,” jelasnya.

Diketahui Perhelatan Pilkada Tahun 2020 di Jawa Tengah meliputi 21 (dua puluh satu) Kabupaten / Kota Se Jawa Tengah. Dan Para anggota PWO juga hampir tersebar di semua Daerah yang menggelar Pilkada Tahun 2020 ini.

Semuanya dihimbau untuk menjaga Netralitasnya serta tetap memegang teguh Profesionalismenya sebagai Wartawan yang mampu menyajikan informasi baik, valid dan obyektif untuk Masyarakatnya. (Syailendra)

Komentar

News Feed