Ketua Umum Brigade 08 Zecky Alatas SH MH Dukung Langkah Polri Tangkap Perekrut Pekerja Migran Ilegal

DK Jakarta262 Dilihat

Investigasibhayangkara.com,

JAKARTA – Beberapa hari lalu Polri mengamankan dua orang yang diduga sebagai pelaku tindak pidana perlindungan Pekerja Migran Ilegal (PMI) Indonesia.

Dalam kasus ini terjadi kecelakaan kapal tenggelam. Sebanyak empat dari lima pekerja itu meninggal dunia.

Zecky Alatas SH.MH selaku Ketua Umum Brigade 08 yang juga berprofesi sebagai pengacara, mengucapkan duka cita yang mendalam terhadap untuk keluarga Tenaga Kerja Indonesia yang meninggal atas kecelakaan tenggelamnya kapal tersebut.

Zecky sangat mengapresiasi Polri yang dapat mengamankan pelaku diduga melakukan tindak pidana pekerja migran ilegal (PMI) ,untuk. itu sebagai Ketua Umum Brigade 08 menghimbau dan mengingatkan agar seluruh aparat dapat memberikan efek jera terhadap pelaku traficking atau pekerja migran ilegal sampai proses yang berlaku dan mempunyai kekuatan hukum yang pasti.

Para pekaku PMI harus di hukum sesuai dengan hukum yg berlaku sampai adanya putusan dari pengadilan.

Saya berharap kepada pemerintah untuk selalu melindungi pekerja migrasi Indonesia di manapun mereka berada.

Mereka adalah pahlawan kehidupan bagi keluarga yang dapat menghasilkan devisa negara yang besar.

Mirisnya masih banyak lagi di duga para pelaku PMI ini melakukan proses pemberangkatan secara ilegal ke negara Timur Tengah yang sampai saat ini diketahui pemerintah belum memberikan izin proses pemberangkatan secara resmi kepada para perusahaan swasta PMI.

Lanjut , Zecky Ketum Brigade 08 mengharapkan agar terciptanya keadilan dan tindak tegas pelaku pelaku PMI agar tidak adanya tebang pilih dalam menjalankan proses hukum dan semua orang sama dihadapkan hukum (equality before the law).

“Semoga bapak Presiden Jokowi dapat memerintahkan jajaran nya agar Menteri Tenaga Kerja dan juga Kepala Badan BP2MI dapat lebih memberikan efek jera”dan sangsi
terhadap perusahaan-perusahaan yang melanggar aturan atau melakukan tindak pidana traficking dan atau(PMI’).

Brigade 08 percaya dan yakin aparat saling bersinergi untuk melakukan perubahan dan keadilan, agar tidak ada lagi yang berani melakukan tindak pidana atau memberangkatkan pekerja migran ilegal, tutupnya.