Kodam IV/Diponegoro Gelar Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi, Prajurit TNI Harus Jadi Teladan Yang Baik

JA-TENG227 Dilihat

Semarang – investigasi Bhayangkara Indonesia .com Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si. memimpin upacara Gelar Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi Polisi Militer Tahun Anggaran 2021 wilayah Kodam IV/Diponegoro di Lapangan Upacara Pomdam IV/Diponegoro Jl. Yos Sudarso No.1, Tawangsari Kota Semarang, Kamis (25/2/2021).

Melalui amanat Panglima TNI yang dibacakan Pangdam disampaikan bahwa Prajurit Pom TNI harus mampu mengikuti perkembangan teknologi agar dapat mencegah dan menindak kejahatan yang disebabkan perubahan lingkungan strategis yang sedemikian cepat. Berbagai bentuk ancaman kontemporer saat ini telah bergeser menjadi bentuk ancaman asimetris, proksi dan hibrida yang semakin mengemuka dan sulit diprediksi.

Pelaksanaan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi yang diikuti 150 prajurit ini merupakan upaya penegakan hukum dan disiplin yang harus diwujudkan dalam penyelenggaraannya secara tegas dan berwibawa, untuk meningkatkan kedisiplinan serta kepatuhan hukum para prajurit TNI, baik perorangan maupun kesatuan. Sesuai dengan tema saat ini yaitu “Dengan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi TA 2021, Polisi Militer Siap Meningkatkan Penegakan dan Ketaatan Hukum Dalam mendukung Pendisiplinan Protokoler Kesehatan Covid-19 Serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Demi Keutuhan NKRI”.

Pelaksanaan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi ini harus terus menerus memperkuat kerjasama lintas sektoral guna menegakkan disiplin protokol kesehatan, karena masih menjadi kunci agar prajurit TNI/PNS dan masyarakat aman dari Covid-19.

Prajurit TNI harus bisa menjadi contoh baik dan teladan bagi masyarakat di lingkungannya. Pelanggaran yang dilakukan oleh prajurit TNI cenderung akan dicontoh oleh masyarakat umum.

“Maka sekali lagi saya tekankan agar tugas pemeliharaan dan penegakan hukum, disiplin serta tata tertib di lingkungan TNI harus dilaksanakan secara terus-menerus dan bersifat melekat baik oleh para Pimpinan atau Komandan satuan maupun oleh Polisi Militer sebagai badan pelaksana” tegasnya.

Diakhir amanat para prajurit dihimbau agar selalu memelihara dan meningkatkan harmonisasi dengan rakyat. Karena bersama rakyat TNI kuat, solid, profesional, dicintai, siap mendukung percepatan penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional serta menjaga Persatuan, Kesatuan Bangsa demi keutuhan NKRI.

Turut hadir salam kegiatan tersebut para pejabat utama Kodam IV/Diponegoro, Danlanal Semarang, Danpom AL Semarang, Danpom AU Jogyakarta, para Dandenpom jajaran Pomdam IV/Dip, Kadilmil II-10/Semarang, Danlanumad Semarang, Danskuadron 11 dan 31 Penerbad, Kabidpropam, Kabagbinopsnal Ditlantas Polda Jateng.

(Syailendra/Pendam IV Dip)

Komentar