oleh

Kodim 0402/OKI Gelar Komsos Cegah Tangkal Radikalisme

Investigasi bhayangkara Indonesia.com Sumsel-OKI

Di era pesatnya perkembangan ilmu teknologi digital memungkinkan tumbuh kembangnya paham radikalisme secara nyata, maka dari itu Komando Distrik Militer (Kodim) 0402/OKI menggelar kegiatan pembinaan Komunikasi Sosial (Komsos) cegah tangkal Radikalisme/Separatisme Tahun 2021, bertempat di Aula Darmawangsa Makodim, Jln Letnan Darna Jambi Kayuagung Ogan Komering Ilir (OKI), Kamis (16/9/21).

Kegiatan yang mengambil tema “Meneguhkan toleransi mencegah radikalisme/sparatisme” ini diikuti oleh berbagai komponen masyarakat antara lain Aparat Pemerintah Kab.OKI, TNI, Polri, PNS, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda serta pelajar/mahasiswa.

Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Czi Zamroni, S.Sos. dalam sambutannya menyampaikan melalui kegiatan Komsos ini, Kodim 0402/OKI diharapkan dapat terus menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh komponen bangsa, dalam rangka terwujudnya saling pengertian dan pemahaman tentang peran, fungsi dan tugas masing-masing, bahkan diharapkan mampu mewujudkan suatu kemampuan komponen Bangsa dalam ikut mengantisipasi dan mencegah masuknya paham Radikalisme atau Separatisme dalam perkembangan kondisi sosial yang pesat, sehingga dapat dilakukan pencegahan sedini mungkin munculnya berbagai permasalahan yang terjadi di wilayah khususnya jajaran Kodim 0402/OKI.

“Kegiatan ini tentunya untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara TNI-Rakyat, guna perkuatan pertahanan negara aspek darat dalam mengantisipasi masuknya paham radikalisme di wilayah Kodim 0402/OKI khususnya. Untuk itu, mari kita samakan pemahaman dengan pemikiran sebagai solusi terbaik untuk meningkatkan kerjasama dalam rangka menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945”, terang Dandim.

Lebih lanjut Letkol Czi Zamroni, S.Sos. mengatakan bahwa peran serta seluruh masyarakat dalam mencegah Radikalisme dan Separatisme sangat di perlukan, terutama terhadap lingkungan sekitarnya dan mau membuka wawasan serta mengembangkan cara berfikir seluas-luasnya, bahu membahu untuk memberikan pemahaman yang positif dan merangkul seluruh Komponen bangsa serta mengambil tindakan preventif untuk mencegah Raradikalisme/Separatisme agar tidak berkembang di wilayah NKRI.

“Peran serta orang tua dalam mengawasi anak-anaknya sangat penting, agar tidak terpengaruh paham Radikalisme/Separatisme. Terutama dengan situasi dan kondisi perkembangan jaman saat ini, dimana sarana Media Sosial sudah bukan hal yang tabu lagi dan sangat di khawatirkan, pengaruh media sosial yang negatif dapat mempengaruhi perkembangan generasi penerus Bangsa kita”, pungkas Dandim. (Amru IBI/Ayib).

News Feed