Korem 042 Garuda Putih lakukan Test urine dadakan terhadap seluruh anggotanya

TNI519 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Jambi- Korem 042/Gapu usai melaksanakan Upacara Bendera mingguan, secara mendadak melakukan tes urine terhadap Prajurit dan PNS, di Markas Korem Jalan Urip Sumoharjo, Sungai Putri, Telanai Pura, Kota Jambi, Senin (2/3/2020) pagi.

Kegiatan ini merupakan perintah pimpinan yang tak hanya pencegahan di kalangan masyarakat, melainkan juga di institusi TNI. Serta untuk mengantisipasi tindak penyalahgunaan narkoba, sebagai pemakai atau pun pengedar. “Tes urine ini rutin bagi anggota Korem, tetapi dilakukan mendadak tanpa pemberitahuan atau terjadwal, pesertanya kami pilih secara acak,” jelas Kapenrem Garuda Putih, Mayor Inf RM. Hatta.

Hatta juga menjelaskan, pengetesan dilakukan oleh staf Intel yang dipimpin oleh Pasi Intel Mayor Inf Dony Marasabessy bersama provost Korem serta melibatkan tim BNNP Jambi, “sehingga dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya, karena hasilnya langsung diproses di tempat,” terang Hatta.

Disinggung mengenai kemungkinan adanya Prajurit yang positif menggunakan narkoba, lanjutnya, akan diproses sesuai aturan yang ada. “Bila ada Prajurit Korem yang terindikasi terlibat penyalahgunaan narkoba, pasti diproses secara hukum hingga sanksi pemecatan, sebab TNI sangat konsen terhadap pemberantasan narkoba. Alhamdulillah, hasil tes urine kali ini, tidak ada yang terindikasi ke arah itu, semua anggota bebas dari pengaruh narkoba,” ucapnya.

Penyalahgunaan dan peredaran narkoba tidak hanya mengenai masyarakat biasa, melainkan semua Instansi bisa terkena dampaknya. Beberapa kasus yang ditemui, juga melibatkan oknum militer, “Narkoba adalah musuh bersama TNI AD khususnya Korem 042/Gapu juga dituntut untuk ikut serta dalam perang melawan narkoba”, tegasnya.

“Tak hanya menggelar tes urine, Korem 042/Gapu juga menggelar sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada para Prajurit dan PNS Korem 042/Gapu,” pungkasnya. (penremgapu).

Komentar