oleh

Korlantas Polri: SIM Internasional Berlaku di 188 Negara

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Jakarta – Upaya  korps Lalu lintas Polri dalam meningkatkan pelayanan, kini pihaknya  telah menjalin kerja sama dengan 188 negara terkait penggunaan SIM internasional.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono ditemui di  di kantor Korlantas Polri jalan MT Haryono St 37-38,Pancoran ,Jakarta,Jumat (28/2)/2020 mengatakan, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan 188 negara terkait penggunaan SIM internasional. Sehingga, SIM internasional asal Indonesia sah sebagai izin mengendarai kendaraan di negara-negara tersebut. “Di 188 negara yang sudah ada kerja samanya dengan kita,” ujarnya.

Selanjutnya, Istiono menjelaskan. Khusus ASEAN sudah kerja sama semuanya, termasuk di dunia 188 negara itu. “Kendati demikian, ada juga negara-negara yang telah mengakui SIM internasional asal Indonesia meskipun tak melalui perjanjian kerja sama. Ada juga yang sudah mengakui SIM kita. Tidak perlu ada kerja samanya pun mereka sudah melegitimasi ini,” jelasnya.

Dari data yang dihimpun, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meresmikan layanan pembuatan SIM internasional online yang ditujukan untuk masyarakat Indonesia di kantor Korlantas Polri, Jalan MT Haryono, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Dalam launching layanan tersebut langsung diresmikan oleh Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono yang dihadiri oleh sejumlah pejabat dalam negeri dan dubes negara sahabat.

Lebih lanjut, Istiono menandaskan  layanan tersebut merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang diberikan Polri agar dapat dirasakan masyarakat. “Peningkatan pelayanan publik berbasis IT harus mudah dalam memberikan pelayanan yang dirasakan masyarakat. Sehingga mampu meningkatkan citra positif dan tidak mengabaikan unsur forensik kepolisian,” tandasnya. (Vecky Ngelo)

Komentar

News Feed