oleh

KORUPSI DD, KADES SOULOWE KAB.SIGI DI TETAPKAN TERSANGKA

Investigasi Bhayangkara Indonesia.com. Kades Soulowe dikecamatan Biromaru kab.sigi Sulawesi tengah berinisial ( S ) ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian polres Sigi dalam hal penyalahgunaan Dana Desa ( DD) tahun anggaran 2017.

Hal ini bermula dari laporan masyarakat setempat dan temuan pihak inspektorat Sigi, yang kemudian dikembangkanlah penyelidikan dan penyidikan oleh pihak polres Sigi. Dari hasil itulah ditemukan adanya tindak pidana penyalahgunaan dana desa oleh oknum kades yang berinisial (S) sebagai tersangka. Ungkap kapolres Sigi AKBP.Yoga Priyahutama.

Disamping itu dari hasil perhitungan mengenai kerugian negara oleh pihak inspektorat Sigi, terdapat adanya penyalahgunaan DD yang dilakukan kades Soulowe di duga bersama bendahara desa tersebut.

Hasil monitoring dilapangan terkait hal tersebut, ” terdapat tidak dikerjakan nya atau tdk diselesaikan nya pembangunan fisik yang di biayai oleh DD tahun anggaran 2017 “. LPJ desa tersebut tidak diserahkan diduga rekayasa alias copy paste, ungkap kapolres Sigi dalam press release di Mako polres Sigi, Kamis 31/12-2020.

Kapolres Sigi AKBP.Yoga Priyahutama menjelaskan bahwa kerugian negara dalam kasus ini mencapai kurang lebih 241 juta rupiah. Dan untuk bendahara desanya masih dalam tahap pengembangan.

Pasal yang di sangkakan atau di kenakan dalam kasus ini adalah pasal 3 Jo pasal 18 UU no.31 tahun 1999 yang telah dirubah dalam UU no.20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi dengan ancaman minimal 5 tahun penjara dan denda.

Kapolres Sigi menghimbau agar masyarakat Sigi yang ada di Desa kiranya dapat mengawasi pelaksanaan dan pengelolaan ADD dan DD sesuai dengan peruntukannya. Ungkap Yoga Priyahutama selaku kapolres Sigi tersebut. ( FAISAL )

Komentar

News Feed