oleh

KSOP PANGKAL BALAM SUDAH MENYERAHKAN 200 PSD, BUKU LAUT DAN SK 60 MIL DI KABUPATEN BANGKA

-Daerah-27 views

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Pangkalpinang – Rabu, 26 Pebruari 2020 Melalui Program Pemerintah Pusat sampai ke Daerah, KSOP Pelabuhan Pangkal Balam sudah melaksanakan di Tahun 2020 ini program nyata seperti penyerahan 200 PSD, Buku Laut dan SK 60 Mil gratis di PPN Sungai Liat yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Bangka kepada nelayan.

Dalam melaksanakan program Diklat tersebut KSOP bekerjasama dengan Dinas Perikanan, Dinas Perhubungan Kabupaten / Kota untuk mengintensifikasi dan pelaporan ke Pusat baik dari kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah termasuk Pangkalpinang. Sedangkan Kabupaten Tanjung Pandan Dan Kabupaten Belitung kemungkinan mengadakan Diklat didaerah masing-masing.

“Bagi nelayan dari Kabupaten Tanjung Pandan dan Kabupaten Belitung Timur tidak ada masalah kalau mau ikut diklat di pangklpinang hanya mengingat biaya transportasi cukup besar apalagi meninggalkan keluarga karena tidak melaut “. Ungkap Izuar Kepala KSOP Pangkal Balam.

Dan Kepala KSOP Pangkal Balam menuturkan lagi, “Kemungkinan teman saya KSOP Tanjung Pandan dan KSOP Belitung Timur akan mengadakan Diklat buat nelayan di wilayah mereka. Tujuan KSOP mengadakan program pembinaan dan bimbingan teknis tersebut agar para nelayan tidak ada keraguan lagi untuk melaut karena sudah memiliki sertifikat laut dan yang lain.”

Ketika wartawan IBI mempertanyakan sudah berapa banyak nelayan yang sudah mendaftar di KSOP Pangkal Balam, lalu dijelaskan Izuar, “Yang sudah terdaftar 1800 nelayan, pas kecil gratis 1800 jika 1 kapal 4 nelayan maka sudah 7200 nelayan.”

KSOP Pangkal Balam sudah bisa menerbitkan buku pelaut niaga, ABK juga untuk kapal niaga dikenakan biaya PNBP Rp.100.000 sedangkan untuk perpanjangan Rp.10.000. Bagi nelayan yang berkeinginan naik kapal niaga atau yang belum punya sertifikat laut dipersilakan daftar ke Kantor KSOP Pangkal Balam.

“Sekarang ini persyaratan mudah dan ringkas tidak berbelit-belit, silakan para nelayan untuk mendaftarkan di KSOP Pangkal Balam agar dapat mengetahui persyaratannya.” Tegas kepala KSOP Pangkal Balam. ( Akhirul IBI ).

Komentar

News Feed