Kunjungan Kasatgas Binmas Ops. Damai Cartenz-2022 ke Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Jayapura

Papua266 Dilihat

http://Investigasibhayangkara.com

Kamis, 10 Maret 2022 pukul 14.00 s.d. 15.30 WIT
Tempat: Kantor Kesyahbandarsn dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Jayapura

Kasatgas Binmas Kombes Pol Nanang Purnomo, S.H., M.H. bertemu dengan kepala seksi lalu lintas angkutan laut dan usaha kepelabuhan, KSOP Jayapura Willem Thobias Fofid, S.SiT, M.PI dalam ruang kerjanya.
Kasatagas Binmas menjelaskan tentang maksud dan tujuan kedatangan guna untuk berkoordinasi terkait rencana pengembangan kegiatan Kasuari yang nantinya setelah satgas binmas membantu mengakselerasi jumlah dan kualitas hasil panen di 5 wilayah operasi diharapkan hasil panen tersebut dapat ditingkatkan bukan hanya sekedar menjadi konsumsi masyarakat namun juga dapat didistribusikan keluar wilayah mereka. Dengan begitu Satgas Binmas dalam Operasi Damai Cartenz-2022 perlu berkoordinasi dengan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Jayapura terkait prosedur, rute, tarif dan hal lain untuk mensupport kegiatan tersebut.

Kasi Lalu lintas angkatan laut dan usaha kepelabuhan, KSOP Jayapura memaparkan tentang tol laut yang dimana tol laut ini merupakan salah satu program prioritas presiden Joko Widodo dalam Nawacita, Tol Laut memiliki tujuan menekan disparitas harga di wilayah 3TP (Tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan) dimana saat ini di Papua sendiri terdapat 12 trayek yang beroperasi. Pemerintah memberikan subsidi kedalam 3 jenis subsidi, yaitu subsidi Operasional Kapal, subsidi Titip Kontainer dan subsidi Titip Muatan. Saat ini untuk mendapatkan subsidi tol laut cukup dengan masuk kedalam aplikasi Sitolaut didalam aplikasi tersebut akan diarahkan prosedur dan apasaja yang dibutuhkan dalam proses pengiriman hasil panen nanti. Bpk. Willem Thobias juga mengirimkan data terkait rute, nama kapal, estimasi waktu perjalanan, dan juga menyampaikan bahwa jika nanti satgas binmas membutuhkan traine untuk melatih para peternak ataupun petani dan pengebun untuk dapat mendistribusikan hasil panen keluar maka dari dinas kesyahbandaraan dan otoritas pelabuhan siap membantu. Dengan begitu kita harapkan semua ini dapat meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat di pegunungan sana.