oleh

Lakukan Pembinaan dan Pengawasan Fungsi FKPM, Polisi Gelar Pertemuan Dengan Masyarakat


Investigasi Bhayangkara Indonesia com
Polresta Jayapura Kota – Bertempat di Kampung Buton Distrik Jayapura Selatan, Dit Binmas Polda Papua bersama Unit Binmas Polsek Jayapura Selatan melakukan pertemuan dengan warga membahas pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pengawasan fungsi FKPM di wilayah Polresta Jayapura Kota. Kamis (17/6) sore.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasubdit Polmas Dit Binmas Polda Papua didampingi Kanit Binmas Polsek Jayapura Selatan Iptu Sabtuwadji, Bhabinkamtibmas Kelurahan Entrop Aipda Singgih beserta anggota Dit Binmas Polda Papua dan Unit Binmas Polsek Jayapura Selatan yang dihadiri oleh Ketua RW 1 Bapak Syamsuddin dan warga sebanyak 30 orang.

Kanit Binmas Polsek Jayapura Selatan Ipda Sabtuwadji menyampaikan bahwa FKPM sangat perlu dihidupkan kembali lagi ditengah masyarakat agar tidak ada jarak antara polri dan warga masyarakat.

“Dengan adanya wadah FKPM maka dapat terjalinnya komunikasi guna menjaga keamanan dilingkungannya dan diharapkan pos kamling dapat diaktifkan kembali, ” ucapnya.

“Apabila ada bhabinkamtibmas yang menyambangi warga agar selalu bisa memberikan informasi karena bhabinkamtibmas adalah ujung tombak di kepolisian sehingga informasi masih yang diterima dapat ditindak lanjuti, ” terang Kanit Binmas.

Sementara itu Kasubdit Polmas Dit Binmas Polda Papua AKP S. Sianturi mengatakan agar warga paham apa itu FKPM, tugas FKPM dan Fungsi FKPM, selama ini memang ada FKPM di Kampung Buton namun belum disusun struktur yang baik dan belum dibuatkan SK yang disahkan oleh pihak Kepolisian sehingga diharapkan agar FKPM dihidupkan kembali.

Lanjutnya, tugas dan fungsi FKPM yaitu membantu tugas kepolisian, apabila ada permasalahan di kampung ini anggota FKPM bersama bhabinkamtibmas bisa menyelesaikan permasalahan tersebut tanpa harus ke Polsek atau Polresta.

“Namun apabila ada kejahatan yang fatal bhabinkamtibmas bisa langsung memberikan rekomendasi untuk ditangani di Polsek maupun Polresta, “

Dalam kesempatan itu juga Ketua RW 1 Bapak Syamsuddin mengucapkan terima kasih atas terlaksanakanya pertemuan ini, selama masa pandemi Covid-19 ini memang FKPM tidak dilaksanakan pertemuan namun komunikasi dengan bhabinkamtibmas tetap berjalan.

“Setiap ada kegiatan di kampung ini, kami tetap bersinergi dengan bhabinkamtibmas dan babinsa guna menciptakan situasi aman dan kondusif diwilayah kampung Buton Distrik Jayapura Selatan, ” pungkasnya. (*)

Penulis : Andi
Editor Aprilyanto

News Feed