Laporkan Hasil Pansus, DPRD Berau Minta BPK Audit Perumda Air Minum Batiwakkal

KAL-TIM209 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Berau | Dalam rangka melaksanakan dan menjalankan tugas dan fungsi sebagai Anggota DPRD Kabupaten Berau terutama dalam bidang pengawasan (controlling), dan juga sekaligus sebagai tindak lanjut dari hasil kerja Pansus DPRD Kabupaten Berau serta berdasarkan hasil pelaksanaan Rapat Kerja Gabungan Komisi DPRD Kabupaten Berau yang dilaksanakan pada tanggal 07 Februari 2022.

Pertemuan koordinasi antara pihak DPRD Kabupaten Berau yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Berau (Madri Pani, SE) dan didampingi oleh Anggota DPRD Kabupaten Berau (H. Saga, dan H. Syamsul Ma’ruf,S.Ag) dengan pihak BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, rombongan diterima secara langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Dadek Nandemar, SE, MIT.Ak, CFE, CA, CSFA) didampingi oleh Pejabat Fungsional Pengendali Teknis BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Mamat Rahmat, SE, M.S.A), pelaksanaan kegiatan koordinasi bertempat di Lantai 1 Ruang Rapat Pimpinan Gedung BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur Jln. M. Yamin No. 19 Samarinda. Kamis ( 10/02/22).

Dalam agenda pertemuan koordinasi antara pihak DPRD Kabupaten Berau dengan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, ada beberapa hal yang disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Berau (Madri Pani, SE) kepada Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur antara lain.

Sehubungan dengan hasil rapat kerja Gabungan Komisi DPRD Kabupaten Berau terkait dengan tanggapan terhadap surat masuk dari Bupati Berau perihal tanggapan dan jawaban Pemerintah Kabupaten Berau terhadap hasil kerja dan rekomendasi Pansus DPRD Kabupaten Berau mengenai Perumda Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau, yang pada intinya bahwa pihak DPRD Kabupaten Berau sangat menyayangkan atas jawaban resmi yang dilakukan oleh Bupati Berau terhadap rekomendasi hasil kerja Pansus DPRD Kabupaten Berau mengenai Perumda Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau.

Hasil rapat kerja Gabungan Komisi DPRD Kabupaten Berau menghasilkan kesepakatan yaitu, Meminta bantuan kepada pihak BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur untuk dapat melaksanakan audit investigasi terhadap Perumda Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau. Melaporkan kepada pihak berwajib (dalam hal ini Kepolisian) terkait dengan pemberian keterangan palsu dari Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau (Saipul Rahman) dalam rapat kerja Pansus DPRD Kabupaten Berau. DPRD Kabupaten Berau akan menggunakan hak interpelasi terhadap Bupati Berau.

Disampaikan juga oleh Ketua DPRD Kabupaten Berau (Madri Pani, SE) bahwa DPRD Kabupaten Berau dalam melaksanakan tugas, khususnya untuk Pansus bekerja sesuai dengan data dan fakta yang ada. Maka dari itu berdasarkan hasil rekomendasi Pansus DPRD Kabupaten Berau diperoleh dan didapatkan data yang tidak mendukung terhadap kinerja Perumda Air Minum Batiwakkal, kemudian Pansus DPRD Kabupaten Berau bekerja berdasarkan atas laporan dari Mantan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau (Ramlan Asri, dan Rusli Andar) terkait dengan beberapa dugaan dan laporam penyalahgunaan jabatan dan kewenangan Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau, dan lembaga DPRD Kabupaten Berau mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Mantan Dewas tersebut atas laporan kepada pihak DPRD Kabupaten Berau untuk diadakan dan diagendakan kegiatan melalui hearing.

Selanjutnya berdasarkan hasil pertemuan dan koordinasi yang dilakukan oleh DPRD Kabupaten Berau dengan pihak BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, Ketua DPRD Kabupaten Berau (Madri Pani, SE) juga memberikan tanggapan antara lain,

Perihal pernyataan Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau (Saipul Rahman) diberbagai media beberapa waktu yang lalu bahwa Perumda Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau telah dilakukan audit oleh tim dari BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur ternyata tidak benar. Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur langsung melalui via telepon menyampaikan dan memerintahkan tim pemeriksa yang saat ini berada di Kabupaten Berau untuk langsung melaksanakan audit investigasi terhadap Perumda Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau.

Surat Bupati Berau terkait dengan hasil rekomendasi dan jawaban terhadap hasil kerja Pansus DPRD Kabupaten Berau yang salah satu tembusannya kepada pihak BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda, ternyata setelah diadakan pertemuan antara pihak DPRD Kabupaten Berau berdasarkan hasil koordinasi dengan Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini surat tembusan tersebut belum diterima oleh pihak BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur.

Lembaga DPRD baik itu unsur pimpinan, dan anggota DPRD Kabupaten Berau bekerja secara prosedural, sesuai dengan mekanisme dan aturan, serta berdasarkan fakta dan data, kemudian lembaga DPRD Kabupaten Berau bekerja tidak sekedar mencari-cari kesalahan semata, akan tetapi lembaga DPRD Kabupaten Berau bekerja secara professional karena digaji dari rakyat dan dipilih oleh rakyat, dan lembaga DPRD Kabupaten Berau tidak ada unsur kepentingan politis didalam mengawal terhadap permasalahan Perumda Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau ini, lembaga DPRD Kabupaten Berau menginginkan bukan hanya Perumda Air Minum. Batiwakkal Kabupaten Berau saja yang dilakukan evaluasi, akan tetapi seluruh Perusda yang ada di Bumi Batiwakkal Kabupaten Berau secara keseluruhan untuk nantinya bisa dilakukan evalusi secara keseluruhan, hal ini dikarenakan perusda diharapkan agar dapat membantu dan berkontribusi didalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Dalam pertemuan kegiatan koordinasi dan konsultasi tersebut juga diserahkan dokumen hasil kerja Pansus DPRD Kabupaten Berau terkait dengan Perumda Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau dari Ketua DPRD Kabupaten Berau (Madri Pani, SE) kepada Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Dadek Nandemar, SE, MIT.Ak, CFE, CA, CSFA), dokumen tersebut diserahkan sebagai dasar dari pihak BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur untuk melaksanakan kegiatan audit investigasi secara menyeluruh kepada Perumda Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau.

Madri Pani, SE selaku Ketua DPRD Kabupaten Berau dan juga sebagai kader Partai Nasdem, serta sekaligus sebagai putra daerah yang lahir dan dibesarkan di Bumi Batiwakkal Kabupaten Berau akan bekerja secara penuh, secara ikhlas, dan bersungguh-sungguh dalam menuntaskan, mengawal, dan menyelesaikan carut marutnya mengenai Perumda Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau, kalau perlu diselesaikan sampai dengan tingkatan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta.

Madri Pani, SE selaku Ketua DPRD Kabupaten Berau juga sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas capaian kinerja dari tim Pansus DPRD Kabupaten Berau, beserta seluruh anggota DPRD Kabupaten Berau dalam menyikapi dan menyelesaikan permasalahan Perumda Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau, terbentuknya Pansus Perumda Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau ini saja sudah sangat luar biasa. Madri Pani, SE juga meminta dan memohon bersabar kepada seluruh lapisan masyarakat Bumi Batiwakkal Kabupaten Berau dalam menyikapi permasalahan Perumda Air Minum Batiwakkal ini.


Penulis : Syarifuddin Noor
Sumber :humasdprdberau