oleh

Melalui Anjangsana, Babinsa Jajaran Kodim Cilacap Jalin Mitra Karib TNI-Rakyat

InvestigasiBhayangkaraIndonesial.Cilacap-Pererat hubungan silaturahmi dengan seluruh komponen masyarakat di wilayah binaan, Babinsa Koramil Jajaran Kodim 0703/Cilacap terus bersinergi dengan melaksanakan kegiatan anjangsana dalam setiap kesempatan. Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 10/Gandrungmangu, Selasa (2/6/20).

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut selain untuk pererat silaturahmi, juga merupakan kegiatan pembinaan teritorial yang merupakan fungsi utama aparat kewilayahan guna mencapai keberhasilan tugas pokok TNI AD. Melalui kegiatan tersebut diharapkan timbul rasa kepercayaan, kekompakan dan kebersamaan serta saling tukar pendapat tentang situasi dan kemungkinan serta hal yang menonjol di wilayah desa masing – masing.

” Melalui kegiatan ini kita juga mengajak perangkat desa untuk aktif dan tetap semangat menyampaikan himbauan, kepada warganya untuk selalu hidup bersih dan mematuhi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid 19,” terang Pelda Kharis, yang saat itu berada di desa Kertajaya, Kecamatan Gandrungmangu.

Lebih lanjut dia menerangkan, kegiatan tersebut merupakan progam pembinaan terhadap jaring Ter atau mitra karib para Babinsa, Danramil maupun Dandim. Karena ada keterkaitan dengan fungsi tugasnya untuk memberikan laporan informasi secara cepat dan tepat. Metode baru selain mengundang mitra karib dan dilakukan sosialisasi ataupun pembinaan, yaitu anjangsana atau kunjungan seperti yang kita lakujan saat ini, ” imbuhnya.

Sasaran anjangsana atau kegiatan komsos diantaranya Pj Kepala Desa Sidaurip Bambang Suprayitno S.Ip., Kepala Desa Kertajaya Warno dan Kepala Desa Gintungreja Suyatno. Dan kegiatan ini akan terus kita lakukan secara berkesinambungan, tidak hanya oleh Babinsa Koramil Gandrungmangu saja namun oleh seluruh Babinsa Koramil Jajaran Kodim 0703/Cilacap,” pungkasnya.

Sementara itu, Warno selaku Kepala Desa Kertajaya menyambut baik atas apa yang selalu dilakukan oleh Babinsa. Pihaknya berharap ke depan bisa dimaksimalkan, agar informasi yang diberikan selain cepat dan tepat sasaran, juga tidak ada berita-berita yang tidak diketahui kebenarannya.

“ Saya sangat mengapresiasi peran Babinsa yang selalu datang saat rakyatnya membutuhkan. Berbagai kegiatan di desa, mereka selalu ada. Namun demikian sebaliknya, TNI juga butuh bantuan. Dan informasi yang cepat itu bukan dari TNI tapi rakyatlah yang datang ke TNI untuk memberikan laporan terbaiknya. Harapannya, dengan adakan silaturahmi, mudah-mudahan dengan itu ke depan lebih meningkat lagi, ” ungkapnya.

(Ap-ibi)

Komentar

News Feed