Miris Berita Ala Pers, Sekjen MOI Kabupaten Tangerang: Sajian Informasi tidak benar demi Raih ” Clickbait “

DK Jakarta154 Dilihat


Investigasi Bhayangkara Indonesia com Jakarta-
H.Retno Juarno selaku Sekjen MOI (Media Online Indonesia) Kabupaten Tangerang mengatakan, Insan Pers adalah pemegang peranan krusial sebagai salah satu pilar Demokrasi. Menurut dia, peran tersebut kian nyata apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Namun H.Retno Juarno menyesalkan, “masih ada media yang mengabaikan Kode Etik Jurnalistik dan memberitakan informasi tidak benar demi meraih ” Clickbait “.

“Jujur sangat disayangkan hal itu, misalkan judul berita yang membuat orang tertarik. Padahal sesungguhnya kontennya berbeda, sehingga ramai beredar tanpa didukung verifikasi dan fakta yang mumpuni,” kritik H.Retno Juarno,Minggu (25/07/21) pagi.

Dirinya pun berharap, Pers dapat hadir untuk menyajikan beragam fakta dan informasi terpercaya. Khususnya seputar Covid-19, mulai dari edukasi pentingnya protokol kesehatan serta sosialisasi berbagai kebijakan pemerintah,” ujarnya.

“Terkait penanganan Covid-19, pelaksanaan vaksinasi maupun penyajian terkait data lainnya secara akurat,” harapnya.

Oleh karenanya, Retno Juarno meminta  aktivitas Pers harus terus berjalan agar akses masyarakat terhadap informasi yang aktual, faktual dan kredibel dapat terus terbuka. Terutama, bagi para Insan Pers yang terus dan selalu menegakkan Kode Etik jurnalistik.

“Saya akan sangat mengapresiasi rekan – rekan media yang selalu menerapkan Kode Etik jurnalistik dalam melakukan pemberitaan dengan baik, objektif, berimbang, benar dan bertanggung jawab,”pungkasnya.(Ard/Ari)