oleh

MUSPIKA KUTA BAHARU ACEH SINGKIL LAKUKAN SOSIALISASI KARHUTLA

-Daerah-11 views

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Aceh Singkil – Muspika Kecamatan Kuta Baharu Kabupaten Aceh Singkil melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Acara sosialisasi itu dilaksanakan di Desa Danau Bungara. Tampak hadiri para masyarakat serta anak mahasiswa yang sedang melakukan KKN di daerah tersebut.

Camat Kuta Baharu Ganda Suriadi Bancin mengatakan, sosialisasi dampak kebakaran hutan dan lahan itu dilakukan agar memberi pemahaman kepada masyarakat akan bahaya karhutla.

“Selama ini masyarakat belum terlalu tahu mengenai dampak karhutla. Selain berbahaya, karhutla juga adalah pelanggaran hukum,” kata Ganda, Jumat (28/2/2020).

“Sebelumnya kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Polsek, Koramil, dan semua pihak yang ikut. Sehingga acara sosialisasi ini dapat berjalan dengam baik,” katanya.

BAHAYA PEMBAKARAN LAHAN

Camat Kuta Baharu juga mengingatkan, bahwa wilayah Aceh Singkil saat ini sedang mengalami cuaca panas yang ekstrim. “Tentu akan berpengaruh pada kekeringan. Sehingga sangat berbahaya sekali bila ada yang melakukan pembakaran lahan,” tutur Gandi.

Disampaikan juga, apabila ada warga yang membakar sampah di pekarangan rumah, juga harus mereka pastikan api itu sudah padam sebelum meninggalkanya. “Sangat beresiko sekali bila itu dibiarkan,” tegasnya.

Gandi menambahkan, selain sosialisasi dampak kebakaran hutan dan lahan, para muspika bersama masyarakat juga melakukan gotong-royong membersihkan pekarangan mesjid di Desa Danau Bungara tersebut.

“Seperti biasa, di Hari Jumat ini kita juga melakukan gotong royong membersihkan pekarangan masjid, setelah selesai acara sosialisasi tadi,” imbuhnya.( Laporan Korwil Aceh – Baharuddin berutu )

 

Komentar

News Feed