oleh

Pangdam II/Sriwijaya Pimpin Apel Siaga dan Pelatihan Bersama Pengendalian Karhutla di Jambi

Investigasibhayangkara.com Sumsel-Jambi

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P, M. Hum., didampingi Kapolda Jambi Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Firman Shantyabudi, M. Si., dan Sekda Provinsi Jambi Sudirman, menghadiri sekaligus memimpin gelar Apel Siaga dan Pelatihan Bersama Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi Tahun 2020. Kegiatan Apel Siaga dan Pelatihan Bersama tersebut digelar di Lapangan Bola Distrik VII PT. Wirakarya Sakti (WKS) di Desa Rantau Karya Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tamjabtim), Senin (6/7/2020) pagi.

Apel Siaga dan Pelatihan Bersama tersebut mengangkat tema, “Melalui Apel Siaga dan Pelatihan Bersama, Kita Tingkatkan Sinergitas Pemerintah, TNI–Polri, Dunia Usaha dan Masyarakat Dalam Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi”.

Apel siaga dan Pelatihan Bersama Pengendalian Karhutla ini diikuti oleh ratusan personel yang terdiri dari unsur Korem 042/Gapu, Polda Jambi, Dinas Kehutanan, Dinas Perkebunan, Basarnas, Manggala Agni, MPA, BPBD dan instansi terkait lainnya, termasuk kendaraan dan alat peralatan pemadam kebakaran.

Usai Apel Siaga, acara dilanjutkan dengan simulasi Karhutla dan proses pemadaman api dari anggota TNI-Polri, Magala Agni dan Regu Pemadam Kebakaran (RPK) PT.WKS serta pengecekan alat peralatan dan alat prasarana pengendalian Karhutla oleh Pangdam II/Swj.

Sebelumnya, kepada seluruh peserta apel, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., berpesan agar serius mengikuti kegiatan latihan bersama tersebut. “Serius ya teman-teman dalam kegiatan ini, kita tidak ingin karhutla terulang kembali lagi khususnya di provinsi Jambi”, kata Pangdam singkat.

Dalam apel siaga tersebut hadir juga, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, S.I.P.,M.M., Kapok Sahli Pangdam II/Swj Brigjen TNI Puji Cahyono, S.I.P., dan beberapa pejabat TNI-Polri serta unsur Forkopimda Jambi.

Adapun tujuan digelarnya Apel Siaga dan Pelatihan Bersama Pengendalian Karhutla tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan personel dalam mengendalikan dan menanggulangi Karhutla di Prov. Jambi serta mengoptimalkan peran fungsi tugas dan tanggung jawab masing-masing dinas instansi terkait dalam penanggulangan Karhutla. Apel gelar pasukan dan perlengkapan yang dilaksanakan tersebut, juga sebagai bentuk upaya Pemerintah Daerah Prov. Jambi dalam mengantisipasi akan adanya bencana Karhutla di wilayah Prov. Jambi.(Amru IBI/Pendam II/Swj).

Komentar

News Feed