PATROLI KAMTIBMAS LEWAT SUNGAI KE TIGA DESA, INI PESAN KAPOLSEK NANGA PINOH KEPADA MASYARAKAT.

KAL-BAR222 Dilihat

POLRES MELAWI, POLDA KALBAR – Guna memastikan situasi kamtibmas dalam keadaan aman dan kondusif, Polsek Nanga Pinoh Polres Melawi Polda Kalbar melaksanakan patroli kamtibmas melalui jalur sungai ke tiga desa di wilayahnya, Sabtu (5/3/2022).

Ketiga desa itu di antaranya, Desa Nanga Man dan Tanjung Arak Kecamatan Pinoh Utara serta Desa Tebing Karangan Kecamatan Nanga Pinoh.

Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K. melalui Kapolsek Nanga Pinoh, Iptu Bhakti Juni Ardhi yang memimpin langsung pelaksanaan patroli kamtibmas tersebut menjelaskan, kegiatan patroli tersebut sebenarnya rutin dilaksanakan oleh jajarannya, khususnya para bhabinkamtibmas dan bersifat dialogis.

“Jadi, kami menyambangi langsung warga yang kami temui selama patroli. Dari situ, kami dapat menerima informasi langsung dari masyarakat tentang situasi kamtibmas saat ini, sehingga dapat kami tindak lanjuti apabila memang ada yang perlu ditindaklanjuti,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Iptu Bhakti juga menyampaikan beberapa pesan kamtibmas kepada masyarakat yang ditemuinya saat patroli. Di antaranya meminta warga yang belum menerima vaksinasi covid-19, agar segera mendatangi gerai-gerai vaksinasi yang digelar oleh puskemas setempat.

“Kita juga sampaikan imbauan karhutla kepada warga, agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Apalagi saat ini mendekati musim kemarau,” lanjutnya.

Selain itu, Kapolsek Nanga Pinoh juga mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI) dikarenakan aktivitas PETI dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan.

“Untuk PETI, selama perjalanan patroli di sungai tadi, kami lihat memang tidak ada yang sedang bekerja. Harapan kami ke depan tidak ada aktivitas lagi, bukan karena takut ditangkap, tetapi karena sadar aktivitas PETI dapat merusak lingkungan,” sambungnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Nanga Man, Heru Pramana. Ia menyebut, untuk aktivitas PETI di wilayahnya sudah berkurang bahkan tidak ada.

“Sudah tidak ada yang kerja emas, Pak. Sudah susah untuk mencari lokasi yang banyak emasnya, warga juga sudah mulai sadar kalau kerja emas dapat merusak lingkungan,” sebutnya.

Heru pun mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak Polsek Nanga Pinoh dalam menjaga situasi kamtibmas di desanya sehingga selama ini dapat selalu dalam keadaan yang aman.

“Bang Sarif (Bhabinkamtibmas Desa Nanga Man) yang ditugaskan di sini sangat aktif menyambangi kami menyampaikan imbauan dan aktif di setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh desa,” katanya.

Dirinya pun menyampaikan, Pemerintah Desa Nanga Man akan terus bersinergi dengan Polsek Nanga Pinoh untuk menjaga situasi kamtibmas di desanya.

Penulis: Alif/Humas Polres Melawi.