oleh

Pelaksanaan Operasi Zebra 2020, Polres Tana Toraja Kedepankan Aspek Sosialisasi dan Himbauan Pencegahan Covid 19

Investigasi Bhayangkara Indonesia, com Pelaksanaan Operasi Zebra di tahun 2020 ini berbeda dengan Operasi Zebra tahun tahun sebelumnya, kali ini Operasi Zebra lebih mengunakan pendekatan humanis dan menitik beratkan pada aspek pencegahan covid yang sampai saat ini belum jua kunjung berlalu.

Jika sebelumnya kita sering melihat banyaknya pengendara yang harus berurusan dengan tilang lantaran terjaring Operasi Zebra, kali ini pemandangan itu tidak kita lihat, justru sebaliknya, pemandangan yang terlihat adalah puluhan personil pelaksana operasi zebra berdiri dijalan untuk mengingatkan para pengendara agar selalu menggunakan masker saat berkendara.

Hal ini sejalan dengan apa yang di ungkapkan oleh Kasat Lantas Polres Tana Toraja Iptu H. Muh. Nawir, S.Sos saat di konfirmasi perihal adanya perubahan pola dari operasi zebra yang dilaksanakan oleh jajarannya. Senin (02/11/2020).

” Iya, operasi zebra tahun 2020 ini lebih menitik beratkan pada sosialisasi pencegahan covid tanpa mengabaikan aspek edukasi berlalu lintas yang baik kepada pengguna jalan “. Ujar H. Nawir membenarkan.

H. Nawir melanjutkan, Operasi Zebra yang di gelar oleh jajarannya, lebih fokus dan terkonsentrasi pada himbauan dan edukasi pencegahan covid ketimbang upaya penindakan pelanggaran lalu lintas.

” Hal yang dilakukan pelaksana operasi berupa himbauan penggunaan masker bagi pengendara yang kedapatan tidak menggunakan masker, dan untuk lebih memassifkan himbauan ini, personil juga lakukan pemasangan sticker yang bertuliskan ” AYO PAKAI MASKER “, sticker ini dipasang di kendaraan roda empat, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan angkutan umum “. Ungkapnya.

Terkait pemasangan sticker ” AYO PAKAI MASKER “, Kasat Lantas Polres Tana Toraja mengungkapkan jumlah pemasangan sticker yang dilakukan oleh personilnya pada pelaksanaan Operasi Zebra hari ini, Senin (2/10/2020).

” Hari ini, Senin (2/10/2020), ada 26 sticker himbauan ” AYO PAKAI MASKER “, yang dipasang di kendaraan roda empat, diantaranya, 6 sticker terpasang di angkot, 3 sticker di Bus berukuran kecil, 4 sticker terpasang di mobil truk, 7 sticker dipasang di mobil pick up, dan 6 sticker lagi dipasang di jenis kendaraan lainnya “. Sebut Iptu H. Muh. Nawir.

Mengenai hal tersebut Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo, S.I.K.,M.Si., menghimbau kepada segenap penggunaan kendaraan, agar selalu menggunakan masker saat berkendara dan jangan lupa untuk selalu mentaati etika berlalu lintas yang baik.

“Gunakanlah selalu masker anda saat berkendara, dan jangan lupa untuk mentaati etika berlalu lintas yang baik, ingat , awal dari sebuah kecelakaan adalah sebuah pelanggaran, ingat selalu keluarga yang menanti anda pulang ke rumah dalam keadaan sehat wal afiat, himbau Kabid Humas.

“Kepada masyarakat yang bepergian dengan menggunakan kendaraan R2 maupun kendaraan R4 tetap menjaga stamina tubuh, mengemudikan kendaraan lewat dari 4 jam diusahakan harus istirahat,” tambah Kabid Humas.

Komentar

News Feed