oleh

Pembangunan SPBU Sukodono Diduga Langgar Perda Provinsi Jawa Tengah

Investigasibhayangkara.com, Kendal – Pembangunan Statsion Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang terletak di Kelurahan Sukodono Kabupaten Kendal Jawa Tengah di duga melanggar Sepadan Sungai sesuai Peraturan Daerah ( Perda ) Provinsi Jawa Tengah Nomor : 9 Tahun 2013.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Ketua LSM AMPUH Kendal, Aris yang melakukan Investigasi dilokasi SPBU bersama wartawan IBI, “Pendirian Pembangunan SPBU ini ada diatas garis sepandan sungai yang melanggar Perda Kendal,” ujarnya.(Selasa, 12/5)

Dan Aris juga menambahkan bahwa SPBU itu seharusnya bangunannya berjarak 3 (tiga) meter dari tanggul sungai sesuai dengan Perda Provinsi Jateng No. 9 tahun 2013″ tandasnya.

Bahkan Aris juga berencana akan meminta Klarifikasi Pihak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atas pendirian SPBU tersebut,” Saya akan konfirmasi segera dengan pihak instansi terkait, dan bila perlu Satpol PP untuk menertibkannya,” jelasnya.

Bahkan Aris juga akan minta pada pejabat Prov agar pihak instansi tersebut bisa mengukur ulang proyek SPBU yang menghimpit sepadan sungai.

Sementara itu Pihak Pemilik SPBU, Adi Putra membantah, jika Pembangunan SPBU tersebut melanggar sepadan sungai yang tidak sesuai Perda Provinsi,
“Pembangunan SPBU ini sudah sesuai dengan sertifikat dan ada ijin prinsipnya. Dengan tanah bereman sungai masih ada space sekitar 4 (empat) meter ,” ujar Pria yang juga Ketua Gapensi Kendal kepada Media ini.

Dalam Pantauan Media ini, memang Pembangunan SPBU yang terletak di Kelurahan Sukodono Kecamatan Kendal tersebut berdiri dipinggir jalan yang berdampingan dengan jalur sungai yang sering banjir, jika musim hujan.

Pembangunan SPBU ini bisa dimungkinkan menghambat jalur sungai yang limpahan airnya sampai Ibukota Kabupaten Kendal,’ Intinya Kami juga akan mengirim surat ke Pertamina Propinsi Jateng agar diukur ulang dan ditinjau lagi Pembangunan SPBU tersebut. Khan masih banyak lahan yang tidak diatas sepandan sungai,” pungkas Aris. ( TIM)

Komentar

News Feed