Pemkab Aceh Tamiang Peringati Hari Desa Asri Nusantara

Berita Hari Ini113 Dilihat

Aceh Tamiang – Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang turut serta menyelenggarakan Peringatan Hari Desa Asri Nusantara pada Senin, (20/3) di Komplek PT. Pertamina Rantau.

Peringatan Hari Desa Asri Nusantara di Kabupaten Aceh Tamiang diisi dengan aksi penanaman 100 batang pohon hijau yang dipimpin Sekretaris Daerah Aceh Tamiang, Drs. Asra.

Sekda Asra menyebutkan aksi penanaman pohon ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi masyarakat desa untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan menjaga keasriannya. Seperti yang kita ketahui bersama, pepohonan memiliki banyak fungsi diantaranya fungsi klimatologi, fungsi hidrologis, fungsi ekologi, dan fungsi erologis.

“Penanaman pohon sebagai langkah meningkatkan kepedulian kita terhadap perubahan iklim, dan mewujudkan desa asri yang bersih, hijau, dan jauh dari pencemaran lingkungan serta mengurangi risiko bencana di Desa” ujarnya

“Diharapkan desa dapat mengambil kontribusi dalam menghijaukan dunia. Ini menjadi langkah konkrit desa demi mewujudkan dunia yang lebih baik dan berkelanjutan”, tambahnya.

Hari Desa Asri Nusantara merupakan hari yang ditetapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi guna mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan desa yang ASRI (Aman, Sehat, Rindang, Indah).

Gerakan penanaman pohon pada peringatan ini dilakukan dengan target sebanyak 8 juta pohon di seluruh Indonesia. Di Aceh Tamiang gerakan ini dilakukan di 17 Kampung.

Turut Hadir dalam peringatan Kepala DPMPPKB, Kepala DLH, Perwakilan PT. Pertamina, Camat dan unsur Forkopimcam, para perangkat desa.