Pemkab Serang Pamerkan Gerabah dan Produk UMKM di Apkasi Otonom Expo 2021

BANTEN864 Dilihat

Investigasi bhayangkara Indonesia com Serang- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang berpartisipasi mengikuti Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2021. Pameran dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor pada Rabu, 20 Oktober 2021.

Pameran Apkasi Otonomi Expo 2021 Trade Tourism and Investment, Daerah Bankit, Indonesia Maju itu akan berlangsung selama tiga hari yakni pada Rabu sampai Jum’at, 20-22 Oktober 2021 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengatakan, bahwa untuk pameran Apkasi Otonomi Expo 2021 sesuai atas arahan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah untuk berpartisipasi mengikuti pameran membuka stand dengan menampilkan segala potensi produk Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM yang ada di Kabupaten Serang.

“Kita bertujuan untuk memasarkan produk UMKM unggulan, meskipun yang dibawa hanyalah display tetapi katalog dari pelaku UMKM kita bagikan kepada para pengunjung,”ujar Entus di JCC.

“Ada beberapa produk unggulan yang di pamerkan seperti gerabah, ada juga aneka makanan hasil produk UMKM, kemudian ada juga Batik Keserangan, batu alam atau batu fosil, rumput laut, bunga sedap malam, emping melinjo dan produk lain unggulan UMKM di Kabupaten Serang,”tambah Entus.

Sebagaimana diketahui, dalam sambutannya pada pembukaan Apkasi Otonomi Expo 2021 Presiden Jokowi meminta agar daerah bisa memanfaatkan pasar ekspor untuk memperkenalkan produk-produk lokal ke negara-negara lain.

Jokowi mengatakan bahwa setiap daerah harus fokus pada produk-produk unggulannya sehingga nantinya bisa berjalan saling menopang, saling mengisi dan saling melengkapi. Selain itu, Jokowi juga meminta daerah untuk turut meningkatkan ekspor.

“Kita memberikan fasilitas, memfasilitasi para pelaku usaha untuk agresif memanfaatkan peluang-peluang ekspor yang ada, mulai didorong, produk apapun didorong untuk berani berkompetisi memanfaatkan peluang ekspor yang ada,” kata Jokowi seperti dikutip melalui siaran langsung melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu.

Entus menanggapi, bahwa pada stand Pemkab Serang selain menampilkan produk UMKM, Gerabah juga menampilkan dalam bentuk video selayang pandang untuk peluang berinvestasi bagi para investor di wilayah Kabupaten Serang.

“Artinya informasi mengenai perizinan, kemudahan proses perizinan, keberadaan kawasan industri di Kabupaten Serang kita juga sosialisasikan, kita pamerkan melalui tampilan atau tayangan selayang pandang Kabupaten Serang,”ungkap Entus.

“Kita harapkan melalui informasi segala potensi yg ada di Kabupaten Serang khususnya produk-produk UMKM, investasi, industri itu bisa tersampaikan secara baik minimal untuk tingkat nasional,”papar Entus didampingi Asisten Daerah (Asda) I Kabupaten Serang, Ida Nuraida.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Kabupaten Serang, M. Furqon Syafiudin menambahkan, bahwa pameran Apkasi Otonomi Expo 2021 strategis untuk mempromosikan produk unggulan daerah yang rata-rata dilakukan oleh pengusaha ekonomi mikro.

“Sesuai dengan arahan presiden bahwa UMKM itu harus didukung untuk keberlangsungan usahanya. Untuk itu UMKM harus berorientasi marketing digitalisasi, manfaatkan teknologi informasi secara digital untuk berkompetitif dalam usahanya,”ujarnya.(YG)