Pengacara dan Wartawan Ngopi Bareng di Salah satu kantin, Sekaligus Bahas Tentang Hukum

Banten29 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia.com, Pandeglang – Pada tanggal 25 November 2022

Pengacara dan wartawan hadir dalam suatu pertemuan ‘Ngopi Bareng’ sekaligus bahas tentang hukum, yang berlangsung di salah satu kantin.

Hadir dalam acara tersebut, diantaranya Advokat Erwan SH, Denis Rismanto, Fahri, wartawan online dan cetak(Investigasi Bhayangkara Indonesia), dan walsidi (literasi publik)

Denis mengatakan, pertemuan yang dikemas dalam coffee morning tersebut bertujuan untuk membangun kerjasama diantara Pengacara dan Wartawan, terlebih lagi membangun eksistensi Pengacara dan Wartawan di Kabupaten Pandeglang sebagai salah satu penegak hukum, dan publikasi yang harus bersatu.

Disebutkan, pertemuan ini kita gagas untuk menyatukan persepsi diantara Pengacara dan Wartawan yang ada di Kabupaten Pandeglang. “Kita perlu membangun kerjasama dan menyatukan persepsi dalam menegakkan hukum dan keadilan dan berita yang berimbang, tidak ada berita yang simper-siur (hoax) serta untuk menegakkan keberadaan pengacara dan wartawan sehingga bisa diperhitungkan sebagaimana mestinya selaku salah satu penegak hukum, dan publikasi,” kata Denis.

Dari lembaga lembakum anak negeri, Erwan SH menyebut bahwa yang terjadi saat ini hukum yang seharusnya dijadikan panglima (supremasi hukum) telah direduksi dan dilemahkan oleh kepentingan politik dan kekuasaan.

“Padahal katanya hukum itu sebagai Panglima dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tapi nyatanya yang dominan itu politik. Karena politik itu yang lebih mendominasi, sehingga banyak kebijakan dan perbuatan yang bertentangan dengan hukum yang berlaku positif,” ujarnya.

Dalam hal inilah, menurut dia advokat sebagai penegak hukum sebagaimana diatur dalam UU No 18 Tahun 2013 tentang advokat. “Kita ingin menunjukkan peran serta kita dalam menegakkan hukum dan keadilan di tengah-tengah masyarakat. Pertemuan ini menjadi momen penting untuk membangun komunikasi yang lebih intens kedepan untuk membahas persoalan hukum yang terjadi di daerah kita ini,” paparnya.

Sementara itu, Pengacara Erwan SH, memberikan apresiasi atas digagasnya pertemuan tersebut. Sebab menurutnya, kekompakan antara sesama advokat di daerah itu sudah semakin memudar.

“Selama ini kita lihat tidak ada kekompakan antar sesama advokat di Kabupaten Pandeglang. Untuk itu kita mulai merajut silaturahmi yang baik sehingga menjadi sebuah kekuatan yang dahsiat. Karena selama ini advokat dianggap sebelah mata, padahal advokat sama kewenangannya dengan penegak hukum lainnya dalam hal penegakan hukum. Karena hak imunitas advokat itu diatur dalam undang-undang,” ungkap Erwan.

Penulis, Eman Saepul Rohman