Pentingnya Penyuluhan Penangulangan Bencana Alam Demi menekan korban

JA-TENG90 Dilihat

Kebumen, Investigasi Bhayangkara Indonesia com. – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab, Kebumen menggelar  kegiatan monitoring dan pembukaan peningkatan kapasitas Desa Tangguh Bencana (DESTANA) bertempat di Desa Jogomulyo. (16Mei 2024).

Diadakan selama 4(empat) hari dari tgl 13 mei 2024 sampai 16 mei 2024,acara di hadiri 20 peserta dari unsur masyarakat. Dalam acara tersebut dari team kabupaten Kebumen di hadiri, 

  1. Bpk MUDZAKIR

  2.Bpk MUHAMMAD FAIZ KHARISA

 Bpk FAIZ, selaku nara sumber dalam acara tersebut menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini peserta kelengkapan dalem mengatasi bencana.

Pertama kegiatan pengenalan dan resiko bencana, Kedua, penanggulangan bencana. 

Pengembangan budaya sadar bencana, Keempat peningkatan komitmen terhadap pelaku penanggulangan bencana, Kelima, penerapan fisik dan non fisik pengaturan penanggulangan bencana. Mekanisme penanggulangan becana ada 3 tahap ;

1, Pra Bencana

2, Tahap darurat bencana

3, Tahap pasca bencana

Bu UCI SUSILOWATI,  Spd Sekretaris Desa (Sekdes) selaku mewakili dari pemerintah Desa Jogomulyo  mengucapkan banyak terima kasih kepada fasilitator dari BPBD ,terutama terima kasih  juga atas programnya BPBD Peningkatan kapasitas Desa tangguh bencana(DESTANA) sehingga desa Jogomulyo  dan tentunya Desa jogo mulyo juga mengucapkan banyak Terimakasih  ke pihak pihak terkait atas program sebaik ini dan sebagus ini. Pemerintah desa sangat mendukung karena dari kegiatan ini kita bisa belajar dan menurut kami ini sangat penting untuk pendalaman materi terutamanya dalam penanganan dan bencana yang terutama ada di desa kita.” ucapannya.

Waktu di temui  awak media seusai acara Bpk FAIZ mengucapkan Alhamdulillah selama empat hari para peserta sangat antusias dalam mengikuti  acara tersebut, kalau untuk peserta yang susah di terima masyarakat banyak, disini kita kasih dasar-dasar dulu, harapannya untuk masyarakat  Desa Jogomulo tentang peningkatan kapasitas tangguh bencana akan sadar bahwasana bencana kita bersama,tutupnya.

Waktu di temui media Bpk  SUDARNO waktu di temui medi Investigasi Bhayangkara, dirinyaberharap setelah ada kegiatan ini, peran serta masyarakat kita butuhkan bukan cuman kami selaku dari petugas, pengurus yang ada di Desa kami mereka mendukung banget acara ini mudah-mudahan ke depannya bisa kesinambungan, semoga kompak dan semangat, pungkasnya.  (Kaswi / Red. IBI)