Perpustakaan Kemenko Polhukam Tingkatkan Pelayanan Melalui ISO 9001:2015

Polhukam298 Dilihat

Investigasi bhayangkara Indonesia Polhukam, Jakarta – Dalam rangka meningkatkan proses layanan Perpustakaan di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Sekretaris Kemenko Polhukam Letjen TNI Tri Soewandono bersama Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenko Polhukam Nizhamul melaksanakan kegiatan Sertifikasi ISO 9001:2015 mengenai Sistem Manajemen Mutu Perpustakaan bekerjasama dengan PT Tuv Nord Indonesia.

Sesmenko Polhukam Tri Soewandono mengakui bahwa sejauh ini proses layanan perpustakaan Kemenko Polhukam masih belum maksimal. Hal ini karena aspek-aspek tertentu belum dilaksanakan sesuai standar. Padahal ketika pengelolaan perpustakaan dikelola sesuai standar dan proses pelayanannya tertata rapi, tentu perpustakaan Kemenko Polhukam akan memberikan hasil yang bermutu.

“Kami menyadari bahwa masih perlu beberapa peningkatan, namun kami terus mengupayakannya. Kami juga menyadari bahwa manusia ini dengan adanya HP ataupun internet kemungkinan tidak akan tertarik untuk datang ke perpustakaan, oleh karena itu perpustakaan harus dibuat lebih menarik sehingga banyak orang yang mau datang ke situ,” ujar Sesmenko Polhukam Tri Soewandono di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (9/11/2021).

Menurut Sesmenko, perpustakaan merupakan lembaga penyedia informasi yang akan terus berusaha menyampaikan layanan jasa yang bermutu kepada penggunanya. Dikatakan, peran perpustakaan apabila tidak mengikuti jaman kemungkinan orang-orang akan malas.

“Kami terimakasih atas bimbingannya sehingga perpustakaan dapat memenuhi standar sesuai penilaian kriteria. Tetapi saya sadari juga bahwa kita perlu meningkatkan terus karena memang tuntutan jaman dan bagaimana menyadarkan anggota juga. Karena di Kemenko ini dari latarbelakang militer tetapi ada juga dari ASN, sehingga untuk menaikkan angka kredit ini mereka harus mengikuti pendidikan dimana pendidikan ini memerlukan pengetahuan yang bisa kita peroleh di perpustakaan. Kemudian bagaimana membuat pemikiran yang dapat dituangkan di dalam tulisan, sehingga banyak sekali manfaat dari perpustakaan ini,” katanya.

Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenko Polhukam, Nizhamul mengatakan sejauh ini Perpustakaan Kemenko Polhukam telah melaksanakan tahapan kegiatan untuk mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu. Pelaksanaan kegiatan tersebut diantaranya training awareness ISO 9001:2015, training audit internal, penyusunan kebijakan mutu, visi, misi dan sasaran mutu, implementasi data dukung ISO 9001:2015, pelaksanaan audit internal, rapat tinjauan manajemen, pelaksanaan audit eksternal, dan penerbitan sertifikat.

“Walaupun masih ditemui beberapa kekurangan namun dari rekomendasi yang diberikan auditor eksternal, Perpustakaan Kemenko Polhukam terus akan bebenah diri untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik untuk pegawai di Kemenko Polhukam dan masyarakat umum,” katanya.

Direktur PT Tuv Nord Indonesia, Bayu Wicaksana mengatakan bahwa ISO 9001:2015 sudah ada di 100 negara, sehingga sertifikasi ini berlaku di seluruh negara. Ia pun mempersilahkan Kemenko Polhukam menggunakan logo sertifikasi sebagai logo surat atau kartu nama yang telah disesuaikan dengan aturan yang berlaku.

“Kami berpesan agar tidak hanya pertama saja, kalau bisa dipertahankan. Karena ini adalah pekerjaan dengan taraf internasional dan bisa menjadi jaminan untuk pemerintah kita,” katanya.

Humas Kemenko Polhukam RI