oleh

Pilkades Serentak BPD Bersama Muspika Gelar Rapat Panitia Pilkades 2020

Investigasi Bhayangkara Indonesia .com Dalam masa Pandemi Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru. Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Desa Ciaruteun Udik Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor Menyelengarakan rapat musyawarah Pembentukan Panitia Desa (Panitia Pilkades). Agenda rapat tersebut dilaksanakan di Kantor Aula Desa Ciaruteun Udik. Rabu (29/7/2020)
Acara musyawarah pembentukan panitia desa ini berlangsung Pukul 13:00 Wib sampai dengan selesai dalam acara tersebut dihadirkan antara lain :
– Camat Cibungbulang diwakilkan Pelaksanaan Administrasi Desa.
– Babinsa
– Kapolsek Cibungbulang diwakilkan Bhabinkamtibmas
– Pjs Kades Ciaruteun Udik.
– Ketua Badan Permusyawaratan Desa Ciaruteun Udik.
– Ketua MUI Desa Ciaruteun Udik.
– Tokoh Masyarakat Desa Ciaruteun Udik.
– Tokoh Agama Desa Ciaruteun Udik.
– Para Kadus Desa Ciaruteun Udik.
– Unsur RT Desa Ciaruteun Udik.
– Unsur RW Desa Ciaruteun Udik.
– Unsur Pemuda dan Karang Taruna Desa Ciaruteun Udik.
– Unsur Kader PKK dan Posyandu.
Ketua BPD Agus Kholillullah menerangkan dalam agenda rapat musyawarah tersebut tetap kami mengedapankan protokol kesehatan, semua yang hadir harus menggunakan masker, dilakukan pengecekan suhu badan dan menggunakan disinfektan serta melakukan physical distance. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan penyebaran Covid-19, dalam sela-selanya. Agus menuturkan sebagai berikut :
– Musyawarah tentang Pelaksanaan Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Desa serta Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Panitia Pemilihan Tingkat Desa.
– Dan Musyawarah tentang.
a. Pembagian Wilayah Pemilihan.
b. Penetapan TPS tersebar.
c. Penetapan Metode Pemilihan Kepala
Desa secara manual.

Artinya pembagian wilayah pemilihan terbagi pada tingkat RW nya masing-masing. Dan penetapan TPS tersebar pada 9 TPS yang terdiri atas RW nya masing-masing serta pada tingkat RTnya berdasarkan zona wilayah pemilih sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerumunan masa dalam masa Pandemi Covid-19 Dalam adaptasi kebiasaan baru dan sesuai kewenangan nya BPD melakukan pelaksanaan pemilihan panitia kepala desa yang diatur dalam.Undang-undang Kepala Daerah.

“Hal ini Agus juga menegaskan. Apabila diantara Panitian Pemilihan Desa yang sudah terbentuk kedapatan ikut membantu dan berpihak serta berkampanye diantara bakal calon Kepala Desa, “Akan memberikan sangsi dan surat pernyataan serta mengeluarkan anggota panitia pemilihan desa. “Tegasnya.

“Dalam tempat yang berbeda Pjs Asep Unang Suryana. Juga menyampaikan hal yang serupa. Akan berlaku tegas apabila kedapatan diantara mereka unsur wilayah khususnya para RT, RW, Kader kedapatan ikut membantu dan berpihak serta berkampanye diantara bakal calon Kepala Desa Ciaruteun Udik. Dirinya akan berlaku tegas dan memberikan sangsi untuk bersedia keluar dari unsur wilayah khusus itu dan akan memberikan surat pernyataan kepada para unsur mereka itu. Dirinya juga berharap ditengah Pandemi Covid-19 ini Kepada Panitia Pilkades bisa melaksanakan protokol kesehatan pada wilayah TPS nya masing-masing yang terpusat/tersebar dan menetapkan metode pemilihan kepala desa secara manual/elektronik. Agar diberlakukan secara adil dan profesional serta netral jangan sampai ada keterpihakan pada saat pilkades nantinya dilaksanakan. Hal ini bertujuan agar bisa menciptakan suasana damai dan tentram sehingga siapapun yang terpilih nantinya menjadi kades Ciaruteun Udik dapat diterima masyarakat Ciaruteun Udik dengan baik. “Terangnya.

Pada rapat musyawarah desa hari ini. Rabu 29 Juli 2020 sudah terbentuk. Panitia Pilkades berdasarkan hasil musyawarah mufakat dalam Nomor KPTS. 002/141.1/BPD-CU/VII/2020. Dengan susunan panitia pemilihan kepala desa ciaruteun udik sebagai berikut :
Ketua. : H. Ace Syahrudin, SAg. MEI
Wakil Ketua. : Rahardian Sukmana
Sekretaris. : Husni Mubarok
Bendahara. : Nia Kurniawati
Seksi Bidang :
– Pemungutan dan penghitungan suara : Iman Ulumudin.
– Pendaftaran dan Administrasi bakal calon : Ilfa Qurotaaeni.
– Konsumsi dan Akomodasi : Siti Nurdianah.
– Keamanan dan Ketertiban : Kris Septiadi.
– Pendaftaran Pemilihan : Abdul Hamidi.
Hal senada juga disampaikan Camat Cibungbulang dalam hal ini diwakili Pelaksana Administrasi Desa. Erik Setiawan mengatakan berdasarkan SK Bupati Bogor Nomor : 141.1/483-DPMD/2020 tanggal 22 Juli 2020, pada tahun 2020 ini akan digelar Pilkades Serentak untuk Kecamatan Cibungbulang pada pada bulan November 2020 yang akan dilaksanakan pada wilayah 5 Desa yang berbeda diantara nya adalah :
– Desa Ciaruteun Udik.
– Desa Situ Udik.
– Desa Sukamaju.
– Desa Girimulya.
– Dan Desa Cibatok 1.

Pada saat pilkades dan pencoblosan nantinya warga wajib melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. Dan mekanisme nya TPS tidak diberlakukan kumpul pada satu tempat, tetapi tersebar menjadi 9 Titik wilayah terpisah. Hal ini diharapkan terhindar dari kerumunan masa yang menumpuk dan menghindari adanya penyebaran Covid-19 pada era Pandemi Adaptasi Kebiasaan Baru dan menghimbau kepada masyarakat yang sudah melaksanakan pemilihan diharapkan agar segera kembali ke rumahnya masing-masing agar tidak terjadi kerumunan dilokasi TPS nantinya serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan saling sesama. ” Tungkasnya
(WM_Kabiro Bogor IBI.com)

#Sumber BPD Desa Ciaruteun Udik

Komentar

News Feed