Plt. Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Marsdya TNI Wieko Syofyan menerima audiensi dari Bupati Aceh Barat

Aceh467 Dilihat

investigasi bhayangkara Indonesia Plt. Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Marsdya TNI Wieko Syofyan menerima audiensi dari Bupati Aceh Barat H. Ramli M.S. pada Rabu (02/02). Pada kesempatan tersebut, Bupati Aceh Barat didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat Marhaban, S.E., Asisten Bidang Pemerintahan Kabupaten Aceh Barat Mawardi, S.H., Kepala Kesbangpol Kabupaten Aceh Barat Abdurrani, S.Pd., M.Pd. dan Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Barat Irsadi Aristora, M.H.
“Aceh barat perlu ada tuntunan agar Pancasila benar-benar dimiliki,” kata Bupati Aceh Barat. Lebih lanjut, Bupati Aceh Barat menjelaskan mengenai Kongres Santri Pancasila yang merupakan usulan para ulama. Latar belakang usulan pelaksanaan Kongres Santri Pancasila tersebut karena kurangnya penanaman ideologi di Aceh Barat. Hal tersebut dilihat dari adanya kerusuhan, perampokan, perusakan, dan saling fitnah yang masih terjadi.
Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai Pancasila semakin dibutuhkan di Aceh Barat. “Dalam hal ini kami ingin ada pendidikan para ulama-ulama yang dididik langsung oleh Lemhannas RI, membekali mereka untuk menjadi sokoguru,” ujar Bupati Aceh Barat. Melalui Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI, diharapkan para ulama dan guru-guru santri yang mengikuti kegiatan tersebut dapat menanamkan dan memantapkan nilai-nilai kebangsaan ke masyarakat lain.
Lebih lanjut, Bupati Aceh Barat menyampaikan upaya lain yang telah dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila. Salah satunya adalah Kampung Muslimin, yakni sebuah metode pembinaan yang dilakukan oleh Polisi, TNI, dan Ulama. Metode tersebut sudah membuahkan hasil yang terlihat dari keamanan dan kenyamanan di Aceh Barat yang sangat baik. Diharapkan seluruh pihak dapat semakin melihat Aceh Barat secara keseluruhan. Bupati Aceh Barat menyoroti diperlukannya kekuatan kearifan lokal sehingga kekuatan daerah dapat menjadi kekuatan nasional.
Plt. Gubernur Lemhannas RI menyambut baik kehadiran Bupati Aceh Barat beserta rombongan. “Kita membuka diri dan kita apresiasi sekali rencana Bapak Bupati yang (berencana) akan mengadakan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan,” kata Plt. Gubernur Lemhannas RI.
“Di Lemhannas ini adalah bagaimana kita memampukan diri untuk wawasan kebangsaan, salah satunya dari ideologi Pancasila,” kata Plt. Gubernur Lemhannas RI. Lebih lanjut, Plt. Gubernur Lemhannas RI menekankan bahwa Lemhannas RI mengacu kepada Empat Konsensus Dasar Bangsa, yakni Pancasila, UUD Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.
Turut hadir pada kesempatan tersebut mendampingi Plt. Gubernur Lemhannas RI, yakni Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Brigjen Pol Tjahyono Prawoto, S.H., M.M., Kepala Bagian Luar Negeri Biro Kerja Sama dan Hukum Lemhannas RI Kolonel Lek. Iwan Rudiwan, S.T., M.Sc., dan Kepala Bagian Penerangan Biro Hubungan Masyarakat Lemhannas RI Kolonel Arh. Alton Endarwanto Hadi Susanto, S.T., M.Si.