oleh

Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Kutai Barat Serahkan Bantuan Mimbar Khotbah Kepada Masjid At-Taqwa Kampung Sumber Bangun

Investigasi Bhayangkara Indonesia.com – KUTAI BARAT (Kaltim) | Masjid At-Taqwa Kampung Sumber Bangun Kecamatan Sekolaq Darat Kabupaten Kutai Barat terima bantuan mimbar melalui Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Kutai Barat sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442H. Rabu, 12/05/21.

Ketua Takmir Masjid, H.Kadimin mengungkapkan, bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih atas sumbangan mimbar ini.
“Atas nama pengurus masjid At-Taqwa Kampung Sumber Bangun, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Kami tidak menyangka Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Kubar tergerak menyalurkan bantuan ini,” tuturnya dengan rasa haru.

H.Kadimin mengatakan hanya bisa mendoakan, 
“Hanya Allah SWT bisa memberikan balasan yang setimpal atas kebaikan dan kemurahan hati hamba Allah dan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Kubar,” ucapnya.

Masih kata Kadimin, menyatakan mimbar yang sudah lama didambakan umat ini akan langsung dipergunakan untuk khotbah Idul Fitri esok hari,
“Mimbar ini akan kami pergunakan khotbah saat sholat Idul Fitri besuk.
Kami pengurus Masjid At-Taqwa Sumber Bangun mendoakan dan berharap agar Pokdar Kamtibmas Bhayangkara resor Kubar jaya selalu dan bermanfaat untuk masyarakat Kubar.” ungkapnya.

Ia juga menuturkan pernah mencari informasi tentang mimbar ke Jepara,
“Kami pernah menanyakan ke Jepara (red: pengrajin mebel), dan harganya cukup mahal, belum lagi ongkos kirimnya ke Kubar. Alhamdulilah sekarang justru sudah mendapatkan,” terang H.Kadimin.

Sementara itu, Ketua Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Kutai Barat, Mathias Genting SH, menyebut bahwa pihaknya menyalurkan mimbar khotbah tersebut dari salah satu pengurus Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Kubar, yaitu dari H.Andi.
“Bantuan dari Pak Haji Andi. Beliau hanya memohon doa agar selalu diberi kemudahan dan kesehatan,” ucap Mathias. 

Mathias juga mengatakan, bantuan berupa mimbar khotbah yang dibuat khusus dari bahan kayu ulin khas Kalimantan itu, bukan hanya dilakukan kali ini saja, tetapi sebelumnya sudah disalurkan kepada Masjid, Gereja dan rumah ibadah umat beragama lainnya. 

Bahkan masih kata Mathias, disalurkan dan dikirim ke berbagai daerah, diantaranya daerah Balikpapan, Kutai Timur Kaltim,  dan Kalimantan Tengah.
“Jadi bantuan mimbar ini kami salurkan kepada rumah ibadah lintas agama. Bentuknya disesuaikan dengan rumah ibadah agama masing-masing. Dikirim tanpa dipungut biaya sampai di tempat.” urai Mathias.

Disampaikan oleh Mathias, bahwa Pokdar Kamtibmas Bhayangkara, sesuai dengan kewajiban dan tanggung jawab, sebagai bagian dari masyarakat dalam berbangsa dan bernegara, mengamankan lingkungan secara swakarsa. Serta mampu mengajak masyarakat turut serta dalam penyelenggaraan kamtibmas.

Pada kesempatan itu, H.Supriyanto juga menyerahkan sejumlah uang guna membatu kegiatan masjid.

Perlu diketahui, Masjid At-Taqwa Sumber Bangun mulai dibangun sejak tahun 2011 lalu. Pebangunan telah menelan biaya sebesar Rp. 1.3 miliar. Bangunan dengan konstruksi beton itu baru selesai dalam progres 40%.

Bangunan Masjid 2 lantai dengan ukuran lebar 21 meter dan panjang 21 meter, dibangun di atas tanah seluas 50×60 meter, telah mendapatkan bsntuan dana dari Pemkab sebesar Rp. 20 juta. Selebihnya merupakan swadaya dari masyarakat.

Menurut ketua Pembangunan, Masjid yang juga dipergunakan untuk Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) ini akan selesai dengan perkiraan total biaya keseluruhan sebesar Rp. 4 miliar. 
Untuk itu sangat diperlukan partisipasi dan kemurahan hati dari para dermawan dari berbagai pihak guna penyelesaiannya.

Untuk diketahui, Kampung Sumber Bangun adalah berawal pemukiman transmigrasi sejak tahun 1965 dari pulau jawa, namun searah dengan perkembangan dan kemajuan daerah, saat ini telah dihuni berbagai suku.
Diantaranya suku Dayak Tunjung, Dayak Benuaq, Dayak Bahau, Banjar, dan suku lainnya. Masyarakat kampung dengan penduduk lintas suku dan agama ini hidup rukun secara berdampingan.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan mimbar tersebut sejumlah pengurus Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Kutai Barat, Mathias Genting (Ketua), Paulus Buditomo (Wakil Ketua), H. Supriyanto (Bendahara), Marlon Brando Situmorang dan Imran Yusran.

(IBI-Paul)

Komentar

News Feed