Polisi Peduli Lingkungan,Kapolres Melawi Pimpin Langsung Bersihkan Bantaran Sungai Melawi dan Sungai Pinoh

KAL-BAR346 Dilihat

Polres Melawi, Polda Kalbar- Gambaran Polisi dengan Aksi Peduli Lingkungan di tunjukan langsung Kapolres Melawi bersama personelnya membersihkan bantaran Sungai Melawi dan Sungai Pinoh yang merupakan icon Kabupaten Melawi.

Polisi Peduli Lingkungan serentak dilakukan Polres Melawi dan Polsek jajaran di pimpin langsung Kapolres Melawi Polda Kalbar AKBP Muhammad Syafi’i,S.I.K.,S.H.,M.H. kamis (13/7/2023) pagi.

“Pagi yang cerah ini,Polres melibatkan cukup banyak personil untuk membersihkan sampah dalam aksi Polisi Peduli Lingkungan Program Prioritas Kapolri,” ujar AKBP Syafi’i.

Lanjutnya,tema yang diangkat dalam Polisi Peduli Lingkungan yaitu Membersihkan Sampah Serentak Bersama Polri dengan sasaran hutan mangrove,pantai, bantaran kali,tumpukan sampah yang menganggu dengan memperhatikan Tempat Pembuangan Akhir Sampah dan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023.

“Maksud dari kegiatan ini adalah mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan dan kebersihan,” terang AKBP Syafi’i.

Lebih jauh,Kapolres Melawi menjelaskan memilih bantaran sungai Melawi dan Sungai Pinoh untuk dilakukan pembersihan sampah hingga di bawah jembatan Melawi dengan pertimbangan bahwa lokasi tersebut merupakan muara pertemuan dua sungai dan berada didataran rendah serta mudah terendam banjir menggunakan 3 unit perahu dan sampah yang dikumpulkan di angkut menggunakan Truck ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) yang berada di Desa Tanjung Tengang.

Dengan aksi ini,Kapolres Melawi berharap dapat memberikan kontribusi lebih kepada masyarakat tentang pesan moral agar lebih peduli dan memperhatikan lingkungan.

“Kepada seluruh stakeholder,element masyarakat,kami mengajak dan mengimbau mari bersama menjaga kebersihan lingkungan terutama dibantaran sungai demi menjaga Kabupaten Melawi sebagai Kota Juang yang selalu bersih,” ajaknya.

Eet Ruskayudi Aroy,Kepala Desa Baru Kecamatan Nanga Pinoh memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres Melawi dan seluruh personelnya atas aksi Polisi Peduli Lingkungan membersihkan sampah dan kayu hingga di bawah jembatan Melawi.

“Ini merupakan aksi terpuji dari Polres Melawi,tentu sangat bermanfaat bagi warga desa Baru yang keberadaannya di tepian bantaran Sungai Melawi dan Sungai Pinoh,” ujar Kades yang aktif dalam organisasi Pecinta Alam Ciwanadri Melawi.

Ia berharap dengan aksi yang dilakukan ini,Polri khususnya Polres Melawi semakin maju,semakin peduli serta semakin dekat bersama masyarakat di semua lini.

Rini,warga Tanjung Niaga juga menyampaikan ucapan terima kasih atas aksi Polisi Peduli Lingkungan Polres Melawi dalam menjaga lingkungan dan membersihkan sampah di bantaran sungai yang tidak jauh dari tempat tinggalnya.

“Terharu,terima kasih Polres Melawi atas kepedulian kebersihan bantaran Sungai Melawi dan Sungai pinoh hingga membersihkan kayu di bawah jembatan Melawi.

“Aksi yang luar biasa,semoga Polisi semakin dekat bersama masyarakat,terima kasih Polres Melawi,” tuntasnya.

Penulis : Hms (s)
Fast KK.