oleh

Polisi Temukan Zat Radioaktif Selain Cs 137 di Rumah SM

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Tangerang – Polisi menemukan zat radioaktif selain Cs 137 di rumah SM, pemilik rumah di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Kamis (27/2)2020) mengatakan  Polisi menemukan zat radioaktif selain Cs 137 di rumah SM, pemilik rumah di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan.  Rumah SM digeledah dan disegel pada Senin (24/2/2020) karena diduga terkait dengan penemuan sumber radiasi nuklir. “Sampai sejauh ini memang ditemukan ada beberapa zat radioaktif selain Cs 137 itu di rumah SM,”ujarnya.
Selanjutnya, Asep menjelaskan SM selaku pegawai Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) memiliki sejumlah zat radioaktif. Kendati demikian, Asep belum menjelaskan jenis serta jumlah dari zat radioaktif yang baru ditemukan di rumah SM. “Secara spesifik belum disebutkan tapi itu termasuk golongan radioaktif,” jelasnya.
Untuk itu, Asep menandaskan belum menjelaskan jenis serta jumlah dari zat radioaktif yang baru ditemukan di rumah SM. “Secara spesifik belum disebutkan tapi itu termasuk golongan radioaktif,” tandasnya.
Hingga kini, Asep mengakui  Polisi pun masih mendalami asal zat radioaktif tersebut. Hingga saat ini, SM masih berstatus sebagai saksi. Sebelumnya, dari rumah SM, polisi menyita lima kemasan plastik berisi serpihan zat radioaktif jenis Cs 137 serta sejumlah data. “Polisi menemukan kecocokan antara zat radioaktif Cs 137 di rumah SM dengan yang ditemukan di lahan kosong di perumahan tersebut,Akunnya..
Sejauh ini, aparat sudah memeriksa sebanyak 17 orang saksi yang terdiri dari warga sekitar, pegawai Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan). Polisi bekerja sama dengan Bapeten dalam menyelidiki penyebab keberadaan limbah radioaktif di daerah tersebut.(Vecky Ngelo)

Komentar

News Feed