oleh

Polres Mempawah Amankan Eksekusi oleh PN Mempawah

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Sungai Kunyit, Mempawah – Polres Mempawah yang tergabung dalam Pasukan Gabungan terdiri dari Polres Mempawah, Kodim 1201/Mph, Sat.Pol.PP Pemkab Mempawah, Yankov 12/BC, Sat dan Sat.Brimob Polda Kalbar, dalam memberikan pengamanan dan penjagaan terhadap pelaksanaan Eksekusi oleh Pengadilan Negeri Mempawah yang berlokasi di Desa Sungai Kunyit Laut, kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah., Kamis (27/02/2020).

Kapolres Mempawah AKBP Tulus Sinaga., menyampaikan, “Sudah dari Pukul 05.00 wib kami melakukan apel di halaman kantor bupati mempawah dimana dilanjutnya lakukan pelaksanaan eksekusi, ini sesuai dengan putusan Pengadilan Negeri Mempawah No.16/Pdt.Eks/2019/PN Mpw jo
No.2/Pdt.P-Kon/2019/PN Mpw tentang
Pelaksanaan Eksekusi Pengosongan dan Pembongkaran atas Tanah, Bangunan, dan Tanaman yang Terdampak Pembangunan Pelabuhan Kijing di Kabupaten Mempawah. Dan total ada 8 rumah dan 7 lahan kosong yang akan di eksekusi di Desa Sungai Kunyit Laut ini.”

Lanjut Kapolres Mempawah AKBP. Tulus Sinaga, ““PN Mempawah meminta bantuan dari TNI/Polri dan Pemerintah Kabupaten Mempawah untuk mengamankan kegiatan ini (eksekusi). Maka, kehadiran kami disini, berkekuatan 600 orang yang tergabung Polri, TNI, Sat.Pol.PP, untuk menjamin agar pelaksanaan eksekusi agar berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Kita optimalkan personil sesuai keperluan dilapangan.”

“Merupakan tugas dan tanggungjawab jika adanya permintaan untuk pengamanan kita tanggapi, eksekusi ini berkaitan dengan pembangunan yang dilakukan oleh Negara, apalagi pelaksanaan eksekusi adalah bagian dari proses hukum yang sudah berlangsung cukup lama dan sudah ada putusan dari proses hukum Pengadilan Negeri Mempawah, hasilnya dilaksanakannya eksekusi serta telah memiliki kekuatan hukum tetap.” Ucap Kapolres Mempawah.

“Kami pastikan dalam pelaksanaan harus dilakukan pembacaan putusan dulu dari petugas pengadilan negeri mempawah, setelah itu baru bisa dilakukan eksekusi, dan dalam situasi aman, lancar dan kondusif. Agar tidak terjadi suasana yang tidak kita inginkan.” Tegas Kapolres AKBP. Tulus Sinaga.

“Kami sebelum bertindak, harus memastikan semua proses ini berjalan dengan damai dan tenang. Tidak ada pembongkaran paksa dalam proses ini,” tegas Kapolres AKBP. Tulus Sinaga. (Guns/Rzl)

Komentar

News Feed