oleh

Polres Pandeglang, Simulasi Simpamkota Hadapi Pilkada 2020

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Pandeglang (Banten) — Untuk meningkatkan kemampuan personel menjelang Pilkada serentak tahun 2020, jajaran Polres Pandeglang menggelar  simulasi pengamanan kota (sispamkota), bertempat di depan Pendopo Kabupaten Pandeglang, Selasa (25/08/2020).

Dalam simulasi pengamanan tersebut digambarkan adanya aksi unjuk rasa yang dilakukan sekelompok massa yang tidak terima dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU), kemudian massa pendukung yang kecewa mendatangi kantor KPU untuk menggelar aksi unjuk rasa.

Sementara dalam aksi unjuk rasa tersebut sempat terjadi ketegangan antara massa dengan aparat Kepolisian yang berjaga di depan kantor KPU. Massa yang semakin marah membuat petugas terpaksa melakukan tindakan tegas dan terarah dengan menyiramkan air dari mobil Sabhara ke arah massa.

Kapolres Pandeglang AKBP Sofwan Hermanto, mengatakan bahwa dalam simulasi tersebut pihaknya melibatkan 240 personel dari semua jajaran dan juga mengundang TNI, personel Linmas dan personel Satpol PP.

“Simulasi kami lakukan untuk melihat kemampuan personel dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman di lapangan. Kami harap simulasi pengamanan kota ini tidak terjadi sungguhan dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020, nantinya,” ucap AKBP Sofwan H.

Dalam mengendalikan massa terdapat beberapa tahapan yang dilalui, mulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim Polwan sebagai negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata maupun water canon yang harus sesuai dengan Standart Operational Procedur (SOP).

Kapolres Pandeglang menambahkan, Pilkada tahun 2020 ini merupakan Pemilu yang memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena pertama kali dilaksanakan ditengah masalah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia khususnya wilayah Kabupaten Pandeglang.

Ucapan terima kasih juga disampaikan dari Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita yang turut hadir dan menyaksikan simulasi pengamanan kota (sispamkota ) tersebut.

Komentar

News Feed