oleh

Polresta Gelar Latpra Ops Bina Kusuma Matoa 2020

Investigasi Bhayangkara Indonesia .Com
Polresta Jayapura Kota – Demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Kepolisian Polresta Jayapura Kota akan menggelar operasi “Bina Kusuma Matoa 2020”.

Kegiatan Operasi diawali dengan Latihan Pra Operasi Bina Kusuma Matoa 2020 dilaksanakan di Aula Mapolresta Jayapura Kota. Selasa (19/5). Kegiatan Operasi ini, targetnya adalah aksi premanisme, street crime dan kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas dan meresahkan masyarakat.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH.,S.IK.,M.Pd menyampaikan didalam Latihan Pra Operasi Bina Kusuma Matoa 2020 meminta agar anggota yang telibat untuk mengedepankan upaya pencegahan atau preventif serta upaya pendekatan seusai wilayah yang dipetakan oleh intelejen.

“Tujuan pelaksanaan Bina Kusuma adalah untuk pencegahan terhadap premanisme dan kegiatan lainnya yang meresahkan masyarakat, namun dengan motode baru ini, maka diharapakan ada upaya pendekatan supaya mereka oknum atau pelaku yang sering melakukan kejahatan atau aksi premanisme untuk tidak lagi melakukan aksi yang meresahkan,” terang Kapolresta.

Dirinya pun menjelaskan untuk personil yang terlibat sebanyak 40 perosnil yang di bagi tiga Tim yang dipimpin oleh Kasat Binmas selaku Kasatgas Bina Kusuma Matoa 2020 Polresta Jayapura Kota.

“Pertim kami taruh 10 hingga 15 personil yang terlibat dalam opresai ini, dan diharapkan dapat bekerja maskimal,” cetusnya.

Selain premanisme, AKBP Gustav pun menegaskan untuk personil yang terlibat dalam operasi Bina Kusuma untuk melakukan penindakan terhadap oknum yang mabuk di muka umum.

“Mabuk dimuka umum juga kami akan tidak, selain meresahkan warga, oknum-oknum itu juga juga dapat melakukan aksi kriminalitas sepeti aksi premanisme,” ujarnya.

Sementara itu Kasatgas Operasi Bina Kusuma Matoa 2020 Polresta Jayapura Kota, AKP Piter Kendek, S.Sos.,MM menjelaskan untuk metode operasi bina kusuma yang sebelumnya melakukan sosialisasi untuk mengumpulkan warga, namun disaat pendemi covid-19 ini maka progesnya yakni Door To Door atau biasa disebut dari rumah ke rumah.

“Kita akan melakukan upaya pendekatan dari rumah ke rumah agar tidak mengumpulkan banyak orang sesuai dengan protokol kesehatan, ” Ujarnya.

Turut hadir dalam kegitan tersebut yakni Kabag Ren Polresta Jayapura Kota AKP Yudo Winarno, Kasat Intel AKP Beddu Rachman, Kasie Propam Ipda Firmansyah Arifin dan Personil Polresta Jayapura Kota. (*)

Penulis : Andi Humas Polresta Jayapura
Editor : Aprilyanto IBI Jayapura

Komentar

News Feed