oleh

Polri Tegaskan Cari Pengganti Wakabareskrim, Irjen Antam Novambar Jadi Plt Sekjen KKP

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Jakarta – Polisi sedang melakukan asesmen untuk mencari pengganti Irjen Antam Novambar sebagai wakil kepala Badan Reserse Kriminal ( Wakabareskrim). Sebab, belum lama ini Antam dilantik sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP).

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra dT,ronojoyo No.3 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (28/2)2020 mengatakan Polisi sedang melakukan asesmen untuk mencari pengganti Irjen Antam Novambar sebagai wakil kepala Badan Reserse Kriminal ( Wakabareskrim). “Tentunya sebagaimana aturan tidak boleh menjabat rangkap. Oleh karenanya secara internal kepolisian sedang dilakukan penggodokan, sedang dilakukan asesmen terhadap jabatan Wakabareskrim selanjutnya,”ujarnya.
Selanjutnya, Asep menjelaskan sejumlah kriteria bagi perwira tinggi (pati) yang akan menggantikan Antam. Pertama, pejabat tersebut harus berpangkat bintang dua (inspektur jenderal) atau berbintang satu (brigadir jenderal).” Selain itu, calon Wakabareskrim diharapkan memiliki pengalaman di bidang reserse, baik saat ia berpangkat sebagai perwira pertama maupun pati,” jelasnya.
Lebih lanjut, Asep meinci  keputusan berada di tangan Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Mabes Polri. “Secara keseluruhan penilaian itu akan diberikan ke Wanjakti, untuk menentukan siapa yang kemudian dipilih dan juga berdasarkan hasil asesmen yang layak menduduki jabatan Wakabareskrim selanjutnya,” rincinya.
Data yang dihimpun, Antam dilantik sebagai Plt Sekjen KKP menggantikan Nilanto Perbowo, yang sebelumnya diangkat sebagai Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan.
Jadi, Asep mengungkap  Mabes Polri  memastikan, Irjen (Pol) Antam Novambar akan mundur dari jabatan Wakil Kepala Bareskrim Polri setelah definitif menjabat Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). “Iya (harus mundur setelah menjadi Sekjen KKP definitif). Karena ketentuannya itu tidak boleh rangkap jabatan,” ungkapnya.
Oleh sebab itu, Asep memastikan bahwa hingga saat ini Antam masih bekerja sebagai Wakil Kepala Bareskrim Polri.(Vecky Ngelo)

Komentar

News Feed