Polsek Talisayan Gagalkan Peredaran Sabu-Sabu Lewat Jalur Laut

Berita Hari Ini205 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Berau- Transaksi narkotika jenis sabu seberat 201,16 gram berhasil digagalkan oleh Polsek Talisayan, pada Minggu 26 Desember 2021.

Kapolres Berau AKBP Anggoro Wicaksono mengatakan, pihaknya menerima laporan dari masyarakat yang curiga ada kegiatan penyalahgunaan narkotika di Jalan Wahid Hasyim, Kecamatan Talisayan. Personelnya pun bergerak cepat menindaklanjuti adanya laporan tersebut.

“Anggota kemudian melakukan pengecekan dan penggeledahan di rumah pelaku DMS (36), didapati barang bukti berupa dua bungkus besar serbuk kristal yang diduga sabu yang disimpan pelaku di sebuah tas,” ungkapnya kepada awak media, Rabu 29 Desember 2021.

Dari pengakuan DMS, kata Anggoro, pelaku yang berprofesi sebagai nelayan melakukan transaksi sabu saat dirinya sedang melaut. Pelaku mengaku hanya bertugas sebagai pengedar dan menerima barang dari bandar. Setelah barang diterima, DMS kemudian membungkus ke kantong yang lebih kecil untuk dijual kembali seharga Rp 1,2 juta per kantong.

“Jadi DMS hanya menerima barang untuk kemudian dijual lagi,” tuturnya.

Selain barang bukti berupa sabu seberat 2091,16 gram, turut disita barang bukti lain, yakni satu unit timbangan digital, dua buah gunting, puluhan bungkus plastik berukuran kecil dan sedang untuk membungkus sabu, dan satu buah telepon genggam.

“Selain pengedar, berdasarkan hasil tes, DMS terbukti positif menggunakan sabu,” sambungnya.

Ia mengungkapkan, pelaku dikenakan pasal 114 ayat 2 atau pasal 112 ayat 2 Undang–Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun penjara,atau dipidana penjara seumur hidup hingga hukuman pidana mati.

“Dengan denda yang dikenakan maksimum Rp 10 miliar,” tuturnya.

Ia mengimbau, agar masyarakat jangan ada yang terlibat penyalahgunaan narkoba. Sebab selain membunuh masa depan, ia menegaskan, jajarannya tidak akan memberikan keringanan terhadap narkoba.

“Imbauan saya cuma satu, jauhi narkoba,” pungkasnya.

Sumber: polres Berau