Presiden : SK Perhutanan Sosial Beri Kepastian kepada Masyarakat

Berita Hari Ini266 Dilihat

๐—œ๐—ป๐˜ƒ๐—ฒ๐˜€๐˜๐—ถ๐—ด๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—•๐—ต๐—ฎ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ. ๐—ฐ๐—ผ๐—บ

๐—•๐—น๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ — Presiden Joko Widodo menilai bahwa penerbitan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial merupakan langkah pemerintah dalam memberi kepastian kepada masyarakat untuk menggarap lahan yang diberikan agar produktif.

Hal tersebut disampaikan dalam keterangannya usai menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat serta Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial dan SK Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) di Areal Kesongo, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, pada Jumat, 10 Maret 2023.

โ€œSK Hutan Sosialโ€”SK Hijau Perhutanan Sosial, itu juga memberikan kepastian kepada rakyat yang ingin menggarap lahan itu,โ€ ujarnya.

Selain itu, Presiden juga menekankan bahwa lahan tersebut harus dikelola dengan cara agroforestri. Selain ditanami dengan komoditas perkebunan dan pertanian, juga harus ditanami dengan pepohonan.

โ€œTapi memang harus digarap dengan agroforestri, ada tanaman kerasnya, pohon kerasnya, misalnya kayu jati atau mahoni,โ€ jelas Presiden.

โ€œTapi juga ada tanaman jagungnya, ketela pohonnya, ketelanya,โ€ sambungnya.

Presiden Jokowi juga bersyukur bahwa melalui Kementerian ATR/BPN permasalahan reforma agraria yang khususnya ada di Kabupaten Blora bisa terselesaikan melalui penerbitan sertifikat tanah untuk masyarakat.

โ€œIni bisa diselesaikan oleh Kementerian ATR/BPN rampung, itu yang patut kita syukuri,โ€ ucap Presiden.

๐—œ๐—บ๐—๐—ฏ๐Ÿฌ๐Ÿณ / ๐—ฅ๐—ฒ๐—ฑ
๐—•๐—ฃ๐— ๐—œ ๐—ฆ๐—ฒ๐˜๐—ฝ๐—ฟ๐—ฒ๐˜€