oleh

Proyek Jembatan Kaca Rp 11 Miliar di Banyumanik Mangkrak, Dipersoalkan Aktifis

InvestigasiBhayangkara.com, SEMARANG | Proyek Jembatan Kaca yang berlokasi di Desa Tinjomoyo. Rt 5 Rw 1. kelurahan  Tinjomoyo, kecamatan  Banyumanik, kota Semarang Mangkrak. 
Proyek yang dianggarkan melalui APBD Tahun 2021 senilai Rp. 11 miliar lebih yang digarap oleh PT Putra Nanggroe Aceh itu dinilai mangkrak oleh warga karena diduga pelaksanaannya dikerjakan secara asal-asalan.

Menurut Rahmat Da’wah Aktivis Anti Korupsi Jawa Tengah, Pemerintah Kota Semarang harus bertanggungjawab atas proyek gagal tersebut,

 “Mestinya pihak Pemkot Semarang selaku pengguna anggaran  bertanggungjawab atas proyek Mangkrak tersebut dengan memblacklist kontraktornya, ini khan merugikan Rakyat,” ungkapnya. 

Bahkan Rahmat juga meminta Aparat Penegak Hukum ( APH) agar segera turun mengusut tuntas,

” Kasus dugaan korupsi proyek ini perlu ditangani APH agar bisa diusut tuntas, khan sudah jelas Proyeknya Mangkrak, ” imbuh Pria yang juga Waket LPBHNU Jateng ini dari Jakarta. 

Sementara itu dalam penelusuran media ini, di lokasi proyek tidak ada tanda-tanda pekerjaan proyek lanjutan, sedangkan kondisi proyeknya terlihat amburadul dan tidak mungkin bisa difungsikan sesuai harapan masyarakat. 

Nampak di lokasi hanya ada bekas galian pondasi jembatan yang sudah tertutup air dan sulit untuk dilalui, karena memang belum ada akses jalan yang bisa digunakan untuk menghubungkannya. 

Hal tersebut berbanding terbalik dengan Jembatan lama hasil buatan warga setempat yang berada disebelahnya justru terlihat masih kokoh dan bagus meski hanya bisa dilewati sepeda motor dan pejalan kaki. 
Entah untuk apa nanti kedepannya terhadap jembatan kaca dibangun? Sebelum sempat digunakan sudah terlihat amburadul dan berantakan.

Sedangkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang, Ir. Sih Rianung, ST. MT. Kepala PUPR Kota Semarang saat dikonfirmasi terkait mangkraknya proyek tersebut belum bisa ditemui karena sedang rapat.

 “Bapak sedang rapat” ujar Pingki staf piket. Jumat 14/1/2022

Penulis : Syailendra / TIM

Editor : Redaksi

News Feed