PT Rukun Jaya Mandiri Kalahkan Pemkab Bolmong

SUL-UT489 Dilihat

Sidang kasus Solar Cell yang bergulir di Pengadilan Negri (PN) Kotamobagu Selasa (1/3/2022) dimenangkan oleh pihak penggugat yakni, PT. Rukun Jaya Mandiri (RJM).

Hakim Junita Beatrix MA’I., S.H., M.H. yang memimpin sidang tersebut memtuskan bahwa surat perjanjian antara PT RJM dan pihak Sangadi sah dimata hukum. Dan kemudian mengabulkan beberapa gugatan yang di ajukan PT. RJM.

Pihak tergugat di wajibkan membayar kerugian sesuai yg disepkati antar dua pihak.
Hakim pun merincikan yang harus di bayarkan tergugat ke PT. RJM. Berupa kerugian materil (sesuai surat perjanjian dan nota pemesanan) sedangkan kerugian in materil (Jumlah yang belum di bayarkan di x 3.5 % selama 2 tahun).

Asisten satu Deker Rompas ketika diwawancarai awak media usai persidangan mengatakan, bahwa Pemda Bolmong menghormati segala putusan Hakim di persidangan. Terkait pembayaranya, akan kami releasikan. hanya saja Pemda akan berkoordinasi terkait tata cara pembayaranya.

Terpisah, pengacara RJM Ricci, S.H., M.H. mengatakan sudah jelas putusan Hakim bahwa surat perjanjian itu sah dan mengikat.

“Sudah seharusnya pihak tergugat wajib melakukan pembayaran. adapun dari pihak tergugat dan turut tergugat mengambil upaya hukum, silahkan saja sampai waktu yang di tentukan. Tapi pada dasarnya sidang gugatan sederhana ini tidak ada upaya hukum seperti banding, kasasi atau peninjauan kembali” jelasnya.

kemudian menurut Rici, masih ada 26 desa yang lalai akan kewajibannya. Namun kami baru ajukan gugatan 5 desa. Untuk 21 desa lainnya, “tolong segera dibayarkan kewajibannya sebelum saya ajukan gugatan lagi,” tegasnya.

Karena jelas pihak perusahaan merasa sangat di rugikan secara materil dan in materil. Kalau kita melihat putusanya, gugatan in materil kami di terima atau di kabulkan. “Makanya 21 desa sebelum saya ajukan gugatan baru, silahkan laksanakan kewajibannya,” Tutupnya. (Deddy)