Rapat Koordinasi UPZ dan Pelatihan Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Tahunan Bersama BAZNAS

KAL-TIM347 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Berau -Badan Amil Zakat (BAZNAS) Berau mengadakan Rapat koordinasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan pelatihan penyusunan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) di Kantor Bupati Berau ruang Rapat Sangalaki, Sabtu 26/03/2022.

Acara pelatihan ini di hadiri 38 peserta dan 20 UPZ yg ada di Kecamatan Tanjung Redeb, Kecamatan Gunung Tabur, Kecamatan Kelay dan sekitarnya. Penyerahan SK UPZ secara simbolis oleh ketua BAZNAS Berau ke UPZ Kampung Samburakat, Kecamatan Gunung Tabur dan UPZ mesjid Al-Furqon (PT. AAPA Kecamatan Kelay).

H. Busransyah ketua Baznas Kabupaten Berau dalam sambutannya menyampaikan” untuk penetapan Zakat Fitrah tahun ini sudah di sampaikan Kementerian Agama Kabupaten Berau. Kadar Zakat Fitrah tahun 1433 H / 2022 M bagi setiap jiwa adalah 2,5 (dua setengah) kilogram beras sesuai kualitas beras yang di konsumsi sehari-hari dan apa bila di nilai dengan uang adalah sebesar Rp. 36.000 untuk kategori tertinggi, Rp. 30.000 kategori sedang, dan yang terendah sebesar Rp. 25.000. Sementara kadar Fidyah jika di bayar dengan uang senilai Rp. 35.000 perhari/jiwa”.”Target Zakat kita tahun ini sebesar 13 Miliyar selain dari Muzakki tentu juga dari CSR perusahan yang ada di Kabupaten Berau.

Untuk penyalurannya harus selesai sebelum Khotib naik mimmbar di hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H”, Tambah H. Busransyah.Acara yang berlangsung satu hari mulai pukul 09.00 sd 15.00 Wite di isi dengan materi-materi yang mendorong peserta dalam pengumpulan Zakat dapat maksimal dan dalam penyalurannya merata.Marwan Tomi sebagai Waka 1 bidang pengumpulan mengatakan dalam pemaparan materi ” Ramadhan Bulan Perjuangan, sesuai sabda Rasulullah SAW,” seorang Amil Zakat yang benar, maka ia seperti orang yang berjuang di jalan Allah sampai ia kembali pulang ke rumahnya”.(Asdar)