Ratusan Peserta Mendaftar Perekrutan Panwascam di Aceh Tamiang, Segini Angkanya

Berita Hari Ini16 Dilihat

Aceh Tamiang – Ratusan peserta dari 12 Kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang berhasil mendaftar diri sebagai Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk menjadi panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Aceh Tamiang, Rabu (28/9/2022).

Ketua Kelompok Kerja Perekrutan Panwascam Panwaslih kabupaten Aceh Tamiang, Imran, SE menjelaskan, dari seluruh pendaftar 443 orang itu, terdiri dari 275 laki-laki dan 168 perempuan.

“Jumlah total tersebut, dihitung sejak dibuka pendaftaran pada tanggal 21-22 September 2022,”ungkapnya.

Dengan terpenuhinya quota pendaftar, sambung Imran, tidak perlu perpanjangan waktu pendaftaran, karena hingga hari terakhir quotanya sudah cukup.

“Dari jumlah itu, kita apresiasi terhadap minat warga untuk bergabung menjadi pengawas pemilu tingkat kecamatan,”imbuh Ketua Pokja.

Menurut Ketua Pokja Perekrutan Panwascam, setelah tutup pendaftaran akan dilakukan verifikasi administrasi dan akan diumumkan pada tanggal 12 Oktober 2022 nanti dipapan informasi.

“Pada saat pengumuman verifikasi dibutuhkan perhatian masyarakat secara luas untuk melihat nama-nama yang lulus, untuk memberikan tanggapan terhadap nama-nama tersebut,”tuturnya.

Hal itu dilakukan, kata Imran, agar apakah diantara yang lulus ada kaitan dengan pekerjaan atau aktivitas yang dilarang dalam ketentuan-ketentuan perekrutan panwascam.

“Selain itu, pengumuman kelulusan administrasi akan diumumkan melalui website resmi bawaslu, medsos bawaslu, dan ditempel di kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten,”pungkasnya.

Untuk diketahui, jumlah pelamar untuk 12 kecamatan tersebut dirincikan sebagai berikut, Kecamatan Manyak Payed pendaftar berjumlah 36 pelamar, Banda Mulia 37 pelamar, Bendahara 36 pelamar, Seruway 26 pelamar, Rantau 58 pelamar.

Sementara untuk Kecamatan Kota Kualasimpang 40 pelamar, Karang Baru 78 pelamar, Sekerak 23 pelamar, Kejuran Muda 37 pelamar, Tenggulun 17 pelamar, Tamiang Hulu 27 pelamar dan Banda Pusaka 28 pelamar. (Andre)