RESPON ISU AKTUAL KETUA MPR RI BAMBANG SOESATYO
JUMAT 26 NOVEMBER 2021

MPR RI122 Dilihat

Investigasi bhayangkar indonesia A. Meminta pemerintah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengkomunikasikan kendala yang dihadapi guna mencari solusi yang tepat, dan diharapkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di daerah dan vaksinator tetap berupaya mengatasi sejumlah tantangan dalam pemberian vaksinasi di daerah pedalaman atau terpencil, disamping memberikan vaksin juga menggencarkan sosialisasi informasi tentang pentingnya vaksin Covid-19 secara intensif kepada masyarakat di daerah terpencil.

B. Meminta pemerintah daerah di wilayah pedalaman/terpencil untuk dapat melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat sebagai penghubung antara masyarakat dengan tim fasilitas kesehatan, disamping memberikan edukasi yang mudah dimengerti kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi Covid-19 serta detail terkait vaksin Covid-19 mulai dari efikasi hingga KIPI yang mungkin terjadi. Hal ini sangat diperlukan guna memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat pedalaman terkait vaksin. Mengingat, tantangan utama dalam vaksinasi ini adalah tentang pemahaman masyarakat dapat atau tidaknya menerima vaksin dengan baik.

C. Meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk meningkarkan kewaspadaan terhadap koten-konten hoaks dan terus berupaya menangkal informasi hoaks terkait vaksin Covid-19 yang banyak tersebar di masyarakat melalui media sosial, guna meningkatkan partisipasi masyarakat di daerah terpencil dalam mengikuti program vaksinasi Covid-19.

D. Meminta komitmen pemerintah untuk dapat menjamin sekaligus memastikan kebutuhan vaksin Covid-19 yang diperlukan masyarakat di wilayah terpencil/pedalaman terpenuhi, sehingga upaya percepatan program vaksinasi Covid-19 dapat terlaksana dengan baik.